Surya Airways.
Transportasi dan Logistik

Maskapai Baru Surya Airways Segera Hiasi Langit Indonesia

  • PT Surya Mataram Indonesia segera meluncurkan maskapai baru di Indonesia yang dinamai Surya Airways. Maskapai itu akan melayani perjalanan dalam dan luar negeri.
Transportasi dan Logistik
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—PT Surya Mataram Indonesia segera meluncurkan maskapai baru di Indonesia yang dinamai Surya Airways. Maskapai itu akan melayani perjalanan dalam dan luar negeri. 

Saat ini Surya Airways telah mengantongi izin usaha pemerintah untuk syarat operasional. Informasi tersebut diketahui dari unggahan Instagram Komisaris Raindo United Services Benny Rustanto, @bennyrustanto. 

Di akunnya, Benny mengunggah izin usaha untuk penerbangan Surya Airways. Merujuk dokumen, diketahui Surya Airways berdiri sebagai angkutan udara niaga berjadwal dalam dan luar negeri untuk penumpang atau penumpang dan kargo. 

Izin yang diterbitkan pada 9 Oktober 2023 itu juga memuat soal Sertifikat Standar Angkutan Udara Niaga Berjadwal (SS-AUNB). “Alhamdulillah, wait for us and its coming the passengers Airlines - Surya Airways is coming soon to you,” tulis Benny dalam unggahannya, dikutip Kamis, 19 Oktober 2023. 

Benny adalah sosok yang sudah malang melintang di dunia maskapai Indonesia. Dia merupakan pendiri dan Komisaris Utama PT Rustanto Utama Sejahtera (RUS Group). Dia kemudian mendirikan anak usaha yakni PT Rusky Aero Indonesia pada Maret 2022. 

Perusahaan itu bergerak di bidang usaha pesawat kargo dengan brand Raindo United Services. Sebelum membangun RUS Group, Benny merupakan CEO PT Angkasa Transportindo Selaras pada Juli-Agustus 2022.

Dia pernah menjadi Direktur Komersial dan Kargo Citilink Indonesia medio Oktober 2018-Februari 2022. Pengalamannya di bidang maskapai tak berhenti di situ. Benny pernah menjadi Vice President Cargo & Ancillary Revenue Citilink Indonesia pada Juni 2017-Oktober 2018.

Dalam karier manajerial, Benny pernah menjabat Senior Busines Development Manager di Monty’s Bakehouse, Inggris, pada Maret 2014-April 2017.