IndiGo Airlines
Transportasi dan Logistik

Maskapai Bertarif Murah Asal India Buka Penerbangan Langsung Mumbai-Jakarta

  • Rute penerbangan IndiGo antara Mumbai dan Jakarta akan beroperasi dengan frekuensi satu kali per hari, perjalanan pulang-pergi.

Transportasi dan Logistik

Bintang Surya Laksana

JAKARTA - Maskapai penerbangan  India, IndiGo Airlines, meluncurkan penerbangan langsung perdana dengan rute Mumbai (BOM) - Jakarta (CGK). Head of Global Sales IndiGo, Vinay Malhotra, menyebutkan bahwa Jakarta sekarang menjadi destinasi ke-106 yang dijangkau oleh IndiGo. 

Vinay juga mengekspresikan kegembiraannya atas peluncuran Jakarta sebagai destinasi internasional baru ke-28 bagi maskapai bertarif rendah ini. Langkah ini juga mencerminkan pertumbuhan jaringan internasional mereka yang terus berkembang sesuai dengan permintaan pasar.

"Seiring dengan upaya India dan Indonesia untuk memperkuat hubungan bilateral dan meningkatkan konektivitas langsung, pembukaan rute baru ini akan memudahkan akses dan promosi perdagangan dan pariwisata di Indonesia dan India," ujar Vinay Senin, 8 Agustus 2023.

Dia menambahkan, pembukaan penerbangan langsung ini akan memberikan dampak positif bagi wisatawan dari kedua negara. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa jumlah wisatawan asal India yang berkunjung ke Indonesia dari tahun 2021 hingga akhir 2022 meningkat pesat, naik dari 6.600 wisatawan menjadi 281.000 wisatawan. Kenaikan ini menjadikan pertumbuhan pelancong asing terbesar ketiga, mengikuti Australia dan Selandia Baru.

Peningkatan ini didukung oleh pulihnya mobilitas dan ekonomi publik akibat dari relaksasi pembatasan mobilitas setelah pandemi COVID-19 oleh kedua negara tersebut.

Selain itu, IndiGo juga membuka peluang untuk membuka rute penerbangan langsung lain dari Mumbai, yang merupakan pusat aktivitas ekonomi dan industri perfilman India, Bollywood.

Dalam konteks yang sama, Nia Niscaya, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), mengungkapkan target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2023 adalah sekitar 8,5 juta. Untuk wisatawan asal India, estimasinya berkisar antara 307.000 hingga 450.000 wisatawan. Pada bulan Juni 2023, pencapaian tersebut sudah mencapai 67 persen dari target atas dan 90 persen dari target bawah, meskipun sebelumnya belum ada penerbangan langsung dari India ke Indonesia.

"Dengan adanya penerbangan langsung dari Mumbai (ke Jakarta) ini maka target tahun 2024 akan kami tingkatkan lagi. Kalau tahun ini hanya 400.000 karena belum ada rencana pembukaan rute langsung ini," sebut Nia.

Rute penerbangan IndiGo antara Mumbai dan Jakarta akan beroperasi dengan frekuensi satu kali per hari, perjalanan pulang-pergi. Penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta dijadwalkan berangkat pada pukul 17.05 WIB dan akan tiba di Bandara Chhatrapati Shivaji Maharaj di Mumbai pada pukul 21.30 waktu setempat setiap harinya.

Sebelumnya, untuk penerbangan antara Indonesia dan India, penumpang harus melakukan transit di beberapa bandara seperti Bandara Changi di Singapura, Kuala Lumpur di Malaysia, dan Suvarnabhumi di Thailand.