Penyerahan bantuan
Nasional

Mastercard Serahkan Bantuan Sebesar Rp1,5 Miliar untuk Siswa di Banten

  • Dana tersebut akan digunakan untuk menyediakan perlengkapan sekolah kepada lebih dari 2.400 siswa dari 10 sekolah dasar di Banten.
Nasional
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

BANTEN - Mastercard, melalui kolaborasi dengan Grab dan BenihBaik.com, telah berhasil menghimpun dana sebesar Rp1,5 miliar melalui kampanye amal bertajuk 'Mastercard untuk Anak Negeri'. 

Dana tersebut akan digunakan untuk menyediakan perlengkapan sekolah kepada lebih dari 2.400 siswa dari 10 sekolah dasar di Banten. Pendistribusian perlengkapan sekolah tersebut akan dilakukan melalui platform penggalangan dana, BenihBaik.com.

Bantuan perlengkapan sekolah kepada anak-anak kurang mampu di Banten tersebut bertujuan untuk mendukung perkembangan akademis para siswa dan membantu siswa meraih masa depan yang cerah dengan memastikan mereka memiliki alat dan sumber daya yang diperlukan untuk pendidikan mereka.

Selama periode kampanye, lebih dari 70.000 pengguna Grab mengaktifkan voucher donasi untuk berpartisipasi, dan hampir 250.000 transaksi tercatat antara 8 Juli hingga 24 Agustus 2023. Mastercard kemudian menyumbangkan Rp5.000 untuk setiap transaksi yang menggunakan kartu debit atau kredit Mastercard oleh pengguna Grab melalui aplikasi Grab.

“kami berharap untuk memberikan kesempatan yang sama kepada pada pelajar untuk mengembangkan potensi mereka sepenuhnya. Terima kasih kepada seluruh pemegang kartu Mastercard yang telah berpartisipasi dalam kampanye ini sehingga donasi yang terkumpul mencapai Rp1,5 miliar dan membuat dampak berarti bagi kehidupan kehidupan anak-anak ini,” President Director PT Mastercard Indonesia, Aileen Goh dalam keterangan resmi 22 September 2023. 

Berdasarkan informasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, tercatat hampir 1.400 siswa di Banten mengalami putus sekolah pada tingkat sekolah dasar selama tahun ajaran 2022/2023. 

Selain itu, lama waktu rata-rata bersekolah di Banten hanya mencapai 9,13 tahun pada tahun 2022, dan hal ini memicu Pemerintah Indonesia untuk memberikan prioritas tinggi pada pendidikan formal. Pemerintah menegaskan komitmen ini dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp612 triliun untuk pendidikan pada tahun 2023.

Mastercard berharap bahwa dengan menyumbangkan donasi di wilayah Banten, perusahaan dapat berperan dalam mengatasi sejumlah tantangan yang ada di sektor pendidikan di daerah tersebut. 

CEO & Founder BenihBaik.com, Andy F. Noya menyampaikan keyakinannya bahwa program 'Mastercard untuk Anak Negeri' memberikan harapan, kenyamanan, dan fasilitas kepada generasi muda untuk mengejar impian mereka, yang pada gilirannya dapat berkontribusi untuk meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia.

Director of Grab For Business di Grab Indonesia, Roy Nugroho juga mengungkapkan rasa gembiranya atas kemitraan dengan Mastercard dan BenihBaik.com dalam penyelenggaraan program 'Mastercard untuk Anak Negeri'. Inisiatif tersebut sejalan dengan prinsip GrabForGood yang mendorong kontribusi dalam memberdayakan lebih banyak masyarakat Indonesia dan memberikan dampak positif melalui pemanfaatan teknologi.