Jemaah haji sedang menjalankan prosesi ibadah haji disekitar Kabbah, Kota Mekah, Saudi Arabia pada musim haji .
Gaya Hidup

Masuk Musim Haji, Ini Tips Rencanakan Dana Haji

  • Diperlukan perencanaan yang baik dan tepat bahkan sedini mungkin agar Anda bisa beribadah haji dengan nyaman dan tenang.
Gaya Hidup
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menjalankan rukun Islam yang kelima yaitu naik haji tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Ditambah, antrean penunaian ibadah haji bagi jemaah bisa cukup panjang hingga 10 tahun atau lebih. Maka, diperlukan perencanaan yang baik dan tepat bahkan sedini mungkin agar Anda bisa beribadah haji dengan nyaman dan tenang. 

Oleh sebab itu, untuk bisa melaksanakan ibadah haji Anda harus bisa mengatur keuangan dengan baik dan teratur.

Lantas bagaimana tips mengumpulkan biaya untuk ibadah haji? Berikut TrenAsia rangkum dari Perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie, sejumlah tips mengumpulkan biaya untuk ibadah haji dikutip Kamis 8 Juni 2022.

1. Niat Menyusun Keuangan
Semua perencanaan harus didasarkan pada niat, dari hal tersebut Anda bisa mengimbanginya dengan aksi dan sikap disiplin dalam mencapai tujuan.

2. Tentukan Jenis Paket Haji 
Setelah itu Anda menentukan jenis paket haji apa yang akan diambil. Misalnya reguler, khusus atau non-kuota. Dengan menentukan paket Anda juga bisa mengestimasi berapa lama waktu menunggu hingga tercapainya menabung dana haji ini.

3.Target Tahun Pendaftaran 
Target atau tujuan tahun pendaftaran ini harus disesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki masing-masing individu.

4. Hitung Budget Keberangkatan Haji
Budget keberangkatan dibagi menjadi tiga bagian yaitu wajib seperti  BPIH dan pakaian, lalu kedua dibutuhkan seperti konsumsi dan komunikasi selama menjalankan haji. Terakhir keperluan yang dinginkan seperti oleh-oleh atau lainnya.

5. Target dana setoran pertama
Setelah diatas menentukan terget tahun daftar, hal selanjutnya tentukan target pencapaian dana sebelum tahun daftar. Tindakan ini penting untuk Anda segera bisa mendapatkan nomor porsi kuota haji.

6. Menabung dan Investasi 
Anda bisa membuat tabungan haji, tabungan emas dan juga reksa dana syariah, hal ini merupakan langkah lain untuk mengumpulkan dana haji selain hanya menabung dari pendapatan.