Gedung kantor Telkom di kawasan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Tekno

Masuk Tahun Politik Telkom (TLKM) Prediksi Konsumsi Internet Tumbuh 10 Persen, Apa Penyebabnya?

  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) memprediksi konsumsi internet di tahun politik ini akan meningkat sekitar 10% dibandingkan hari-hari pada umumnya.
Tekno
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Perusahaan plat merah bidang telekomunikasi, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) memprediksi konsumsi internet di tahun politik ini akan meningkat sekitar 10% dibandingkan hari-hari pada umumnya. 

Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama TLKM Ririek Adriansyah dalam acara Ngobrol Pagi Seputar Badan Usaha Milik Negara (Ngopi BUMN) di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, pada Kamis, 26 Oktober 2023. 

Menurut pandangan Ririek, peningkatan penggunaan data seluler internet cenderung terjadi ketika masyarakat lebih aktif. Situasi ini umumnya terjadi pada hari-hari besar seperti Lebaran atau Idul Fitri, Idul Adha, serta perayaan Natal dan Tahun Baru. “Masyarakat berkomunikasi, itu akan naik,” ujar Ririek sapan akrabnya dikutip Jumat, 27 Oktober 2023.

Ririek mengungkapkan, kenaikan itu disebabkan oleh banyaknya kegiatan komunikasi yang terjadi, seperti acara kampanye dan sebagainya. “Peningkatan tersebut tidak akan berbeda jauh dengan situasi Lebaran, Natal, dan tahun baru, kira-kira sekitar 10 persen. Secara kasar, peningkatan diperkirakan sekitar angka tersebut,” paparnya. 

Asal tahu saja, berdasarkan data pengguna internet selama Ramadan dan Idul Fitri 1444 H tahun 2023, Telkomsel mencatat pertumbuhan trafik broadband sebesar 11,7% dibandingkan dengan hari biasa pada 2023.

Diketahui angka itu meningkat sebesar 11,4% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Disebutkan bahwa pertumbuhan layanan pesan singkat (SMS) mencapai 14,1%, sementara trafik layanan panggilan suara (voice call) mengalami penurunan sebesar% persen dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono,  menyatakan bahwa selama Bulan Suci Ramadan hingga puncak Idul Fitri, Telkomsel berkomitmen untuk melampaui harapan pelanggan dengan memberikan lebih banyak peluang. Perusahaan juga memprioritaskan Program Telkomsel Siaga pada momen tersebut.

“Secara keseluruhan kami mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband melalui optimalisasi infrastruktur jaringan berteknologi terdepan. Serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digital unggulan," ujar dia lewat keterangan tertulisnya pasca Hari Raya Idul Fitri 2023. 

Saki menyebut peningkatan aktivitas pelanggan dalam mengakses layanan digital selama momen Ramadhan dan Idul Fitri 2023 itu telah mendorong pertumbuhan trafik broadband Telkomsel.

Tercatat bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas digital mencakup akses ke layanan komunikasi, seperti instant messaging dan video conference, yang tumbuh sebesar 5,5%. Selain itu, akses ke gim mobile juga melonjak hingga 15,2%.

Di samping itu, Layanan digital yang mengalami pertumbuhan trafik tertinggi dikontribusi oleh akses pelanggan ke layanan aplikasi instant messaging WhatsApp, yang melonjak sebesar 40,3%. 

Disebutkan bahwa aplikasi media sosial seperti TikTok mengalami peningkatan sekitar 28,5%, SnackVideo mencapai 23,4%, Instagram naik sebesar 14,2 persen, dan layanan streaming video YouTube meningkat hingga 12%.

“Seluruh aktivitas digital yang dilakukan oleh pelanggan setia Telkomsel juga berkontribusi dalam meningkatkan trafik penggunaan layanan broadband selama momen RAFI 2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa," tutur Saki.