<p>theverge.com</p>
Tekno

Masuki 2 Dekade, Facebook Sukses Ubah Cara Manusia Berkomunikasi

  • Dalam beberapa tahun, Facebook kemudian muncul sebagai raja disektor industri media sosial dengan lebih dari satu miliar pengguna bulanan pada tahun 2012. Pada tahun 2021, platform ini menghadapi penurunan jumlah pengguna, terutama di kalangan generasi muda.
Tekno
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Dua puluh tahun lalu tepatnya pada tahun 2004, Mark Zuckerberg beserta beberapa rekannya menciptakan Facebook. Memulai perjalanan panjang platform media sosial yang sejak itu mengubah cara dunia terhubung. Sebagai pelopor dan pemimpin dalam industri ini, Facebook mengalami evolusi yang luar biasa dan berbagai tantangan.

Dilansir dari BBC Internasional, Senin, 5 Februari 2024, pada awalnya Facebook berhasil menggulingkan MySpace dalam pertarungan industri media sosial. Fitur inovatif seperti "menandai" orang di foto pada saat itu memberikan keunggulan kompetitif, membantu platform ini mencapai satu juta pengguna hanya dalam setahun.

Dalam beberapa tahun, Facebook kemudian muncul sebagai raja disektor industri media sosial dengan lebih dari satu miliar pengguna bulanan pada tahun 2012. Pada tahun 2021, platform ini menghadapi penurunan jumlah pengguna, terutama di kalangan generasi muda.

Facebook tidak hanya menjadi tempat berbagi foto dan memperbarui status.Platform ini telah menjadi kekuatan global dalam mengubah budaya, politik, dan cara orang berinteraksi. Dengan lebih dari dua miliar pengguna harian pada akhir 2023, platform ini menjadi tulang punggung kehidupan digital modern.

Kontroversi yang Menemani Kesuksesan

Namun, kesuksesan Facebook juga diiringi oleh kontroversi. Mulai dari skandal masalah keamanan data pengguna, platform ini telah menjadi sasaran kritis yang digencarkan berbagai kalangan. Kritik juga mencangkup pada dampak psikologis dan ketergantungan yang dialami oleh penggunanya pasca menggunakan platform ini.

Facebook juga menjadi panggung bagi perubahan budaya dan politik. Dari gerakan sosial hingga kampanye politik, platform ini memainkan peran sentral dalam membentuk opini dan pandangan dunia.

Pertanyaan tentang masa depan Facebook seringkali muncul. Bagaimana platform ini akan menghadapi tantangan baru dan perubahan dalam dinamika media sosial yang terus berkembang?

Hingga saat ini, Facebook terus menjadi bagian integral dari kehidupan digital kita. Meski menghadapi kontroversi, platform ini mengubah cara kita terhubung, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan dunia. Melalui segala evolusinya, Facebook tetap menjadi bagian yang tidak terelakkan dalam narasi sosial dunia modern.