kredivo-paylater.jpg
Fintech

Masyarakat Makin Gemar PayLater, Pengguna Kredivo Luar Jawa Naik 37 Persen

  • Fenomena penggunaan Kredivo yang meningkat selama Ramadan dapat dipahami sebagai respons terhadap kebutuhan konsumen untuk mendapatkan barang dan layanan sebelum menerima THR
Fintech
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Selama bulan Ramadan tahun 2024, penggunaan aplikasi Kredivo di luar Pulau Jawa mengalami peningkatan signifikan sebesar 37% dibandingkan tahun 2023.

Hal ini merupakan indikasi kuat bahwa layanan Buy Now Pay Later (BNPL) semakin populer di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Medan, Batam, Pekanbaru, Balikpapan, Samarinda, Denpasar, Manado, dan Makassar.

Peningkatan pengguna Kredivo di luar Jawa dan area non-Jabodetabek juga mencapai 37% dan 25% secara berturut-turut. Mayoritas pengguna Kredivo adalah generasi muda di bawah usia 35 tahun, mencapai 71% dari total pengguna.

Salah satu faktor utama yang mendorong peningkatan ini adalah transaksi yang dilakukan sebelum menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Oleh karena itu, fenomena penggunaan Kredivo yang meningkat selama Ramadan dapat dipahami sebagai respons terhadap kebutuhan konsumen untuk mendapatkan barang dan layanan sebelum menerima THR, sehingga Kredivo menjadi salah satu pilihan pembayaran yang praktis dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam jangka pendek

“Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat menggunakan paylater untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama Ramadhan sebelum menerima THR (Tunjangan Hari Raya) dari perusahaan,” terang SVP Marketing dan Communications, Kredivo Indina Andamari, di Jakarta, dikutip Senin 13 Mei 2024.

Rata-rata pengguna Kredivo melakukan transaksi sebanyak lima kali. Puncak aktivitas transaksi terjadi antara 12-31 Maret 2024.

Dalam penggunaan sehari-hari, masyarakat menggunakan Kredivo untuk berbagai kebutuhan, terutama pada kategori bahan makanan di awal Ramadhan dan fashion di pertengahan bulan Ramadan. 

Kategori-kategori lain yang mengalami peningkatan signifikan diantaranya peralatan dan kebutuhan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan, serta pembelian pulsa dan voucher.

Khusus jenis produk, pulsa dan voucher menjadi yang paling diminati dengan jumlah transaksi terbesar. Kredivo telah memposisikan diri menjadi bagian metode pembayaran masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

Peningkatan pengguna Kredivo juga mencerminkan pergeseran perilaku konsumen yang semakin mengadopsi solusi pembayaran digital pay later. “Ini menandakan bahwa paylater telah menjadi bagian dari metode pembayaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka,” tambah Indina.