LPPF
Korporasi

Matahari Department Store (LPPF) Tuntaskan Ekspansi Bisnisnya di 2022 dengan Pembukaan Dua Gerai Baru

  • PT Matahari Department Store Tbk secara resmi menuntaskan ekspansi bisnisnya pada tahun 2022 dengan membuka dua gerai baru.
Korporasi
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - PT Matahari Department Store Tbk secara resmi menuntaskan ekspansi bisnisnya pada tahun 2022 dengan membuka dua gerai baru.

Dua gerai baru yang dibuka oleh emiten dengan kode saham LPPF ini berada di Mall @Bassura, Jakarta Timur dan Icon Mall Gresik, Jawa Timur.

Menurut CEO LPPF Terry O'Connor mengatakan, pihaknya merasa senang telah hadir di 10 lokasi baru selama 2022.

"Kami percaya kehadiran Matahari di Jakarta dan Gresik dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang merayakan Tahun Baru dalam waktu dekat. Kedua gerai ini memperkuat posisi kami sebagai kekuatan ritel progresif yang menciptakan lapangan kerja dan peluang ekonomi di seluruh Indonesia," ungkapnya dalam rilis resmi, Minggu, 18 Desember 2022.

Alasan dibukanya gerai Matahari di Mall @Bassura adalah karena lokasi yang strategis dan dekat dengan akses penghubung antara Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Bekasi.

Serta didukung oleh transportasi umum yang terintegrasi, serta akses tol lingkar dalam Jakarta dan persimpangan tol Becakayu.

Sedangkan Matahari Icon Mall Gresik dekat dengan akses jalan tol, jalan utama Kabupaten Gresik, dan Rumah Sakit Umum Kabupaten Gresik. Dua gerai baru Matahari tersebut membuat total gerai di seluruh Indonesia pada tahun 2022 menjadi 148.

Sebagai informasi, Mall @Bassura dan Icon Mall Gresik adalah pusat perbelanjaan untuk gaya hidup dan hiburan di kedua kota tersebut.

"Jakarta memiliki penduduk lebih dari 11 juta jiwa sedangkan Gresik berpenduduk lebih dari 1,3 juta jiwa. Mendukung perekonomian lokal, kedua gerai tersebut akan mempekerjakan sekitar 80% penduduk lokal," kata Terry.

Gerai Matahari di Indonesia Timur

Sebelumnya, LPPF telah secara resmi membuka dua gerai baru di Sulawesi.

Adapun gerai baru tersebut adalah yang ketujuh dan kedelapan di Indonesia Timur, yang berada di Kawanua City Walk Manado (Sulawesi Utara) dan di The Park Kendari (Sulawesi Tenggara).

CEO Matahari Terry O'Connor mengaku sangat senang dengan pembukaan dua gerai baru di Indonesia Timur tersebut.

"Kami sangat senang dengan pembukaan dua gerai baru Matahari di Kawanua City Walk dan The Park Kendari di musim perayaan ini. Selain memperkuat pangsa pasar kami di Sulawesi, Indonesia Timur, kami berharap kehadiran Matahari di Manado dan Kendari dapat membawa kebahagiaan dan nilai tambah bagi pelanggan yang merayakan libur Natal dan Tahun Baru," ungkapnya dalam rilis resmi, Jumat, 9 Desember 2022.

Sampai akhir 2022, Matahari akan membuka dua gerai baru lainnya di Jakarta Timur dan Gresik, Jawa Timur. Sehingga total ekspansi gerai Matahari tahun ini menjadi 10 gerai baru.

Kemudian untuk tahun depan, Matahari akan membuka 12-15 gerai baru. Adapun untuk jumlah gerai yang akan dioperasikan secara nasional pada akhir 2022 menjadi 148 unit dan ditargetkan menjadi 160 atau lebih pada akhir 2023.

Terry melanjutkan, Matahari akan membuka sekitar 12 sampai 15 toko format besar atau department store. Dengan kebutuhan investasi di setiap toko mencapai Rp12 miliar, lalu untuk total capital expenditure (capex) yang dibutuhkan setidaknya mencapai Rp144 miliar atau 40% dari total alokasi.