Brand merk kendaraann kenamaan asal Jepang Honda melalui Dongfeng Honda Motor Co Ltd. (Dongfeng Honda) dan GAC Honda Motor Co Ltd (GAC Honda) meluncukan produk mobil listrik pertamanya yakni Honda e:NS1 dan Honda e:NP1.
Gaya Hidup

Mau Beli Mobil Listrik? Tips Berikut Bisa Jadi Pertimbangan

  • Mobil listrik menjadi kebtuhan sekaligus gaya hidup yang sedang banyak digandrungi saat ini. Lantaran bebas emisi karbon, sejumlah insentif diberikan oleh pemerintah untuk jenis mobil satu ini.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Mobil listrik menjadi kebutuhan sekaligus gaya hidup yang sedang banyak digandrungi saat ini. Lantaran bebas emisi karbon, sejumlah insentif diberikan oleh pemerintah bagi para calon konsumen kendaraan listrik.

Selain ditarik pajak lebih rendah dibanding mobil beremisi karbon, biaya bahan bakar mobil listrik cenderung lebih murah. Karenanya, sedikit demi sedikit pengguna mobil berbahan bakar fosil melirik mobil listrik yang lebih ramah lingkungan.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil listrik, ada sejumlah tips yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli kendaraan tersebut.

Lebih lengkapnya, berikut tips yang wajib dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan listrik.

1. Pastikan keberadaan SPKLU

Listrik menjadi bahan bakar dari kendaraan ini sebagai ganti bensin. Namun, tak semua tempat menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Hal ini menjadi penting bagi Anda mengingat saat ini jumlah SPKLU di beberapa tempat Indonesia masih sangat minim. Jangan sampai, saat Anda sudah membeli, mobil listrik Anda tak bisa digunakan lantaran jauh dari tempat pengisian daya.

2. Daya listrik rumah

JIka Anda memutuskan untuk memasang stasiun daya pribadi di rumah, pastikan daya di rumah Anda cukup. Meski tergolong hemat, stasiun pengisian bahan bakar pribadi membutuhkan kapasitas daya listrik yang besar.

Selain memastikan besaran daya, pastikan juga voltase listrik di rumah Anda sudah sesuai dengan kebutuhan. Sebab, jika tegangan tak stabil, yang akan terjadi hanyalah merusak kendaraan Anda.

3. Perhatikan usia pakai baterai

Tips selanjutnya yakni Anda juga harus memilih mobil listrik yang memiliki usia pakai baterai lama. Mengingat mobil yang Anda gunakan akan memerlukan baterai maka diperlukan cek usia baterai pada mobil tersebut.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Sama seperti membeli mobil pada umumnya, saat membeli mobil listrik yang pertama kali harus diperhatikan adalah hal yang Anda butuhkan pada mobil tersebut.

Sebagai contoh, Anda bisa memperhatikan jumlah kursi pada mobil, kapasitas bagasi, dan lain sebagainya.

5. Pertimbangkan asuransi

Memiliki asuransi untuk sebuah kendaraan itu sangat penting. Meskipun biaya yang dikeluarkan untuk mobil jenis tenaga listrik ini sangat besar.

Kendati mengeluarkan dana lebih, Anda akan merasa lebih nyaman jika kendaraan sudah di asuransikan.