PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) rilis surat utang global untuk bayar utang. / Listrindo.com
Korporasi

Mau Buyback Saham, Cikarang Listrindo (POWR) Siapkan Dana Rp144,80 Miliar

  • PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) mengumumkan rencananya untuk melakukan pembelian kembali (buyback) saham dengan dana yang digelontorkan sebesar US$10 juta atau setara dengan Rp144,80 miliar pada 9 Mei 2022.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) mengumumkan rencananya untuk melakukan pembelian kembali (buyback) saham dengan dana yang digelontorkan sebesar US$10 juta atau setara dengan Rp144,80 miliar pada 9 Mei 2022.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), aksi korporasi tersebut dilakukan secara bertahap dengan waktu paling lambat 18 bulan usai diselenggarakannya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan digelar pada Kamis, 16 Juni 2022.

Rencananya, jumlah saham yang akan dibeli perseroan tidak melebihi dari 241.307.340 lembar saham, setara dengan 1,5% dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan. Saham tersebut akan dilakukan penyesuaian apabila perseroan melakukan perubahan nilai nominal baik untuk penggabungan (Reverse Stock) atau pemecahan (Stock Split) nilai nominal.

Kemudian, POWR akan melakukan pembelian saham kembali dengan harga yang lebih rendah atau dengan harga yang sama dengan transaksi yang terjadi pada hari sebelumnya, sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) yang berlaku.

Manajemen perseroan berharap dengan adanya aksi korporasi ini dapat meningkatkan laba per saham POWR yang juga berdampak pada naiknya jumlah dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham perseroan. Selain itu buyback saham ini diharapkan dapat menjaga stabilitas saham perseroan di tengah pergerakan saham POWR yang masih berfluktuasi.

Dalam aktivitas buyback yang akan dilakukan, perseroan telah menggandeng PT Indo Premier Sekuritas yang merupakan Anggota Bursa Efek untuk melakukan aksi pembelian kembali saham yang dilakukan baik melalui bursa efek maupun di luar bursa efek. 

Sebagai informasi, POWR sendiri merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang usaha pembangkit tenaga listrik, pemasaran hingga distribusi serta agen tenaga listrik yang disediakan untuk kawasan industri Cikarang.