ilustrasi CV.jpg
Gaya Hidup

Mau Cepat Dapat Kerja via Jobstreet? Intip Cara Buat CV ATS Friendly

  • Aplikasi pencari kerja seperti Jobstreet, Indeed, dan Glints menjadi wadah populer bagi para luluusan baru atau profesional untuk mencari pekerjaan.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Aplikasi pencari kerja seperti Jobstreet, Indeed, dan Glints menjadi wadah populer bagi para luluusan baru atau profesional untuk mencari pekerjaan.

Selain banyak pilihan, menggunakan aplikasi pencari kerja lebih meminimalisir para jobseeker diterima di perusahaan abal-abal. Sebab, biasanya aplikasi pencari kerja meminta feedback mengenai pekerjaan yang anda dapatkan. Sehingga, jika ditemukan perusahaan yang mencurigakan atau bermodus penipuan, aplikasi tersebut akan segera memblokirnya.

Meski tampaknya mempermudah proses mencari kerja, rupanya lebih sulit bagi job seeker untuk diterima, atau dibaca lamarannya lewat aplikasi pencarian kerja. 

Alasannya,  banyaknya lamaran yang masuk membuat HR tak mungkin  menyortir CV dan lamaran anda satu persatu.

Beruntungnya, platform pencarian kerja dilengkapi dengan ATS atau Applicant Tracking System. Sistem ini memungkinkan platform tersebut menyortir kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Semakin tinggi skornya, tandanya CV tersebut lebih direkomendasikan oleh sistem dan merupakan CV ramah ATS. Jika skornya tidak memenuhi standar, maka CV tersebut secara otomatis akan tertolak oleh sistem.

Karena itu, CV ATS adalah CV yang dibuat khusus dengan format standar ATS agar dapat mudah dibaca oleh software ATS dan dapat diterima oleh sistem. 

Sayangnya, belum semua orang paham mengenai cara kerja ATS. Itulah sebabnya, lamaran kerja ng mereka lemparkan ke platform pencari kerja tak lolos tahapan screening.

Berikut tips dan trik membuat CV yang ATS Friendly supaya lamaranmu tak tertolah di proses screening.

1. Gunakan desain sederhana

Applicant Tracking System (ATS) adalah sebuah sistem yang hanya peduli dengan data yang diterima. Desain CV ATS yang mencolok hanya akan menjadi penghalang bagi sistem untuk membaca dan memproses isi penting dari CV Anda.

Desain CV yang cantik memang memanjakan mata.  Sayangnya sistem ATS hanya menyukai desain CV yang sederhana, yakni polos dan rapi.

Ini kemudian jatuh pada kesimpulan, semakin CV Anda terlihat membosankan dan kaku, mesin ATS akan semakin mudah membaca CV Anda.

2. Lamar satu posisi di satu perusahaan

Saat sebuah perusahaan membuka beberapa lowongan yang bidangnya bisa Anda lakukan, biasanya lamaran akan dimasukkan secara brutal. Sayangnya, cara kerja ini tak sesuai dengan ATS.

Sistem ATS bertugas mencatat dan merangkum semua data yang Anda berikan. Meskipun CV Anda lolos standard ATS, petugas HRD pada akhirnya akan dapat melihat rangkuman yang diberikan sistem bahwa Anda telah mendaftar di berbagai posisi pekerjaan. 

Hal ini akan membuat perekrut merasa bahwa Anda kurang minat dan tidak fokus pada satu posisi pekerjaan.


3. Gunakan Kata Kunci untuk Membuat CV yang ATS Friendly 

Sistem ATS akan menyaring kumpulan pelamar dengan cara mencari kata kunci tertentu. Sehingga, menggunakan kata kunci yang relevan pada CV ATS Anda akan menarik perhatian sistem dan kamu akan memperoleh skor yang lebih tinggi.

Contohnya, untuk posisi staff administrasi, mesin ATS akan mencari kata kunci seperti “pembukuan”, “teliti”, “microsoft word” pada CV Anda. 

Dengan demikian, kalau Anda masukkan kata kunci berikut di CV Anda, mesin ATS akan memberi CV Anda skor yang lebih tinggi. 

4. Simpan CV di file yang tepat

Hindari tipe file seperti JPG, JPEG, atau PNG karena sistem tidak dapat membaca data berbentuk foto.

Simpan, dan kirimkan CV ATS Anda dengan tipe file Microsoft Word atau PDF agar sistem dapat dengan jelas membaca isi dari CV ATS lamaran kerja

5. Gunakan Format CV ATS yang Benar

Bedakan format CV biasa dengan format CV yang ATS friendly. CV ATS yang Anda buat harus mudah dibaca oleh sistem dan manusia yaitu sistem juga membaca data dari kiri ke kanan lalu atas ke bawah. 

Karena itu, usahakan tata letak penulisan profil pribadi Anda  dimulai dari kiri atas dan diikuti oleh bagian lain  kebawah.

Sebaiknya hindari hiasan hiasan yang berlebihan dan ingat untuk tetap menjaga kerapian serta kesederhanaan tampilan CV ATS.

6. Gunakan Simbol Poin atau Angka pada CV ATS

Tampilan yang sederhana, rapi, dan sistematis adalah tampilan yang terbaik untuk CV ramah ATS.

Dengan menggunakan simbol poin seperti bullet points dan angka  CV ATS Anda akan lebih mudah dibaca oleh sistem dibandingkan menjabarkan dengan paragraf.