<p>Donasi Pakan Untuk Satwa TaniHub Group/ TaniHub</p>
Fintech

Mau Ekspansi ke Luar Jawa-Bali, TaniHub Bidik 200.000 Petani Onboarding

  • TaniHub Group menargetkan 200.000 petani onboarding ke platfom digital pada 2022
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Tani Hub Indonesia (TaniHub) menargetkan 200.000 petani onboarding ke platfom digital pada 2022. Saat ini, tercatat ada lebih dari 50.000 petani yang onboarding di platform TaniHub sejak diluncurkan pada 2016 lalu.

CEO TaniHub Group, Pamitra Wineka, mengatakan, dalam lima tahun perjalanannya, sudah ada satu juta pengguna. Serta lebih dari Rp400 miliar modal budidaya bagi petani dan UMKM telah disalurkan melalui TaniFund.

"Kami terus menargetkan onboarding petani pada 2024 itu satu juta petani, itu dicicil dari 2022. Jadi 2022 kita mau target in onboarding masih sekitar 200.000 petani," kata Eka dalam Taniversary TaniHub, Senin 25 Oktober 2021.

Tak sampai di situ, TaniHub juga menargetkan untuk menjangkau hingga ke luar Jawa dan Bali tahun depan. Rencana ini diakuinya sempat tertunda karena pandemi COVID-19.

"Kita ingin ekspansi ke luar Pulau Jawa atau Pulau Bali. Kita ingin juga ke Pulau Sumatera, Sulawesi. Harapan kita 2022 di mana pandemi semoga semakin membaik, agar kita bisa lebih agresif lagi melakukan ekspansi yang tertunda," tambah dia.

Melihat mulai bermunculan startup sejenis saat ini strategi sudah mulai disiapkan TaniHub untuk tetap eksis. Memperbaiki proses supply chain di sisi upstream menjadi fokus yang akan dilakukan TaniHub ke depan.

Dengan perbaikan supply chain sisi upstream, Eka menyebut akan membuat TaniHub mampu memberikan harga yang kompetitif dan produk yang lebih beragam kepada pelanggan serta kepastian kepada petani untuk produknya dibeli.

"Kita lebih fokus sekarang memperbaiki proses supply chain di upstream, yaitu berpartner dengan petani langsung. Sehingga harga produk kita itu bisa langsung dari petani. Jadi harganya lebih kompetitif dan produknya lebih segar kita fokusnya ke situ," ungkapnya.

Sejak hari pertama hadir pada 2016, TaniHub Group menyisipkan berbagai inovasi dalam setiap sisi ekosistem mulai dari ladang, gudang, restoran, warung, jalan kecil, sampai ke setiap meja makan para konsumen, berupa hasil panen petani dalam keadaan segar.

Sebagai wujud inovasi, selain telah mendirikan TaniHub, TaniFund, TaniSupply, dan TaniAcademy, dalam satu tahun terakhir ini TaniHub Group juga menghadirkan TaniHub Food Solutions.

TaniHub Food Solutions berfokus pada pemenuhan kebutuhan bahan segar berkualitas bagi semua jenis usaha makanan dan minuman, serta TaniMitraKoperasi (TMK) sebagai program untuk memberdayakan koperasi petani melalui dukungan layanan digital.

Untuk melengkapi dukungan terhadap pertanian, TaniHub Group menghadirkan TaniFoundation yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan keluarga petani secara jangka panjang.

“Dalam perjalanan lima tahun ini, banyak pembelajaran yang kami lalui sehingga kami jadi terbiasa untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik bagi semua stakeholders kami baik itu petani, user, maupun pemerintah.”