Ilustrasi pekerja kantoran. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Mau Karier Lancar, Begini Cara Bangun Personal Branding

  • Personal branding menjadi salah satu aspek penting bagi masyarakat. Khususnya untuk mereka yang tengah bersiap atau membangun karier masa depan.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Personal branding menjadi salah satu aspek penting bagi masyarakat. Khususnya untuk mereka yang tengah bersiap atau membangun karier masa depan.

Sayangnya, tak semua orang mengerti dan paham bagaimana cara membangun personal branding yang baik untuk mendapat perhatian di dunia profesional.

Meski dikira mirip, personal branding berbeda dengan pencitraan. Jika pencitraan terkait dengan pandangan orang terhadap diri sendiri terlepas benar atau tidak, maka personal branding dilakukan dengan basis kemampuan milik sendiri yang benar adanya.

Inilah yang menyebabkan personal branding penting untuk menyokong karier masa depan.  Oleh sebab itu, berikut adalah cara membangun personal branding yang baik supaya bisa menyokong karier agar lebih cemerlang.

1. Perhatikan kelebihan dan kekurangan

Salah satu cara membangun personal branding yang baik dan mudah dilakukan adalah memngetahui keebihan dan kekurangan diri sendiri.

Kelebihan Anda dapat menjadi citra dari diri Anda terhadap orang-orang sekitar. Ini tentunya memberikan gambaran tentang diri anda sebagi sosok yang memenuhi kualifikasi.

Sedangkan dengan mengetahui kekurangan, Anda tetap bisa menjadi diri sendiri sembari mendapatkan ruang lebih untuk belajar. Alhasil ini dapat menyokong karier Anda di masa depan.

2. Gunakan nama asli di platform media sosial

Menggunakan nama asli di platform media sosial merupakan salah satu upaya membangun personal branding yang baik.

Selain membuka peluang orang lain untuk lebih mudah mengenali Anda, menggunakan nama sesuai data pribadi memicu Anda menyortir konten yang dipublikasikan melalui media sosial.

Ini dilakukan untuk menjaga profesionalisme Anda di mata publik, sehingga personal branding Anda pun tetap sesuai dengan kebutuhan publik.

3. Aktif berbagi strategi dan tips profesional di konten media sosial

Anda bisa berbagi strategi atau tips di media sosial sebagai salah satu cara untuk membangun personal branding yang baik di mata publik.

Konten yang menarik dan bermanfaat akan menjadi media Anda untuk dikenal oleh publik secara luas.

Maka dari itu, Anda harus bisa memahami strategi-strategi membuat konten yang menarik agar publik turut menikmati konten yang sudah Anda buat.

Ketika berhasil meraih perhatian publik dengan konten Anda, maka personal branding yang Anda bentuk pun akan baik dan sesuai dengan target audiens.