<p>Nasabah mengganti kartu debit ATM lama dengan magnetic stripe menggunakan Customer Service Machine (CSM) di kantor cabang Bank Mandiri Edu-Branch, Pondok Indah Mall 1, Jakarta, Kamis, 18 Februari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Destinasi & Kuliner

Mau Liburan ke Luar Negeri? Cek Biaya Transaksi ATM di Negara Asia, AS, hingga Inggris

  • Biaya transaksi ATM internasional akan memperhitungkan kurs hingga fee bank.
Destinasi &amp; Kuliner
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Momen liburan akhir tahun bisa dimanfaatkan untuk liburan ke luar negeri. Agar liburan lebih nyaman, jangan lupa menyiapkan uang tunai sesuai dengan mata uang yang berlaku di negara tujuan. 

Anda bisa mendapatkan uang tunai dengan menukarnya di money changer ataupun melakukan penarikan di mesin ATM. Namun, menarik uang di ATM luar negeri akan dikenakan berbagai macam biaya yang seringkali tidak terduga.

Umumnya, bank akan mengenakan biaya tetap untuk setiap penarikan. Hal yang sering tidak diketahui juga, terdapat biaya konversi kurs mata uang Anda ke mata uang lokal yang merupakan persentase dari jumlah penarikan. 

Bank Anda mungkin juga akan mengenakan biaya tambahan karena penarikan uang dilakukan di luar negeri. Biaya-biaya ini tentu bervariasi, tergantung jenis bank dan akun yang digunakan. Namun ketika diakumulasi, dapat membuat biaya penarikan menjadi lebih mahal dari yang diharapkan.

Biaya Transaksi ATM di Negara-Negara Dunia

Biaya ATM dapat bervariasi tergantung dari lokasi. Di beberapa destinasi liburan, biaya yang dikenakan cukup tinggi. Sebagai contoh, biaya penarikan di ATM Turki bisa mencapai 4,4% per transaksi. Sementara, di Amerika Serikat biayanya lebih rendah, sekitar 1,81%. 

Meskipun terdengar murah, biaya ini sebaiknya tidak dianggap sepele. Misalnya Anda  menarik US$500 atau sekitar Rp7.752.500, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp150.000. Oleh karena itu, penting bagi wisatawan untuk waspada dengan biaya-biaya ini agar terhindar dari pengeluaran yang tak terduga.

Perusahaan teknologi Wise telah mengumpulkan informasi rata-rata biaya penarikan ATM di destinasi liburan populer warga Indonesia. Daftar biaya rata-rata penarikan uang tunai dari ATM luar negeri ini mencakup biaya di muka (upfront free) dan biaya tersembunyi seperti margin nilai tukar.

Berikut daftar biaya transaksi di ATM Internasional di negara-negara Asia, Amerika Serikat, hingga Inggris.

1. Asia Tenggara

Thailand menjadi tempat paling mahal untuk melakukan penarikan ATM di daftar ini, dengan biaya 2,62% per transaksi. Sebagai ilustrasi, menarik Rp 5.000.000 di Thailand akan menelan biaya Rp131.000. Sementara di Singapura dan Malaysia, biaya penarikan ATM lebih rendah, yaitu 1,41% dan 0,03%. 

2. Asia Timur

Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, dan Cina menjadi destinasi populer bagi wisatawan Indonesia. Tentunya destinasi-destinasi tersebut memiliki biaya penarikan ATM yang berbeda-beda. Korea Selatan mengenakan biaya kedua tertinggi setelah Thailand yakni sekitar 2,55% per transaksi. 

Sementara untuk negara-negara Asia Timur lainnya, Jepang mengenakan biaya yang cukup rendah yakni 0,64%, sedangkan Hong Kong mengenakan 0,05%, dan Cina hanya mengenakan 0,01%.

3. Amerika Serikat dan Inggris

Amerika Serikat mengenakan biaya 1,81% untuk penarikan ATM, sedangkan Inggris mengenakan 0,16% setiap transaksi. 

Daftar biaya transaksi di ATM Internasional di negara-negara Asia, Amerika Serikat, hingga Inggris. / Dok. Wise