Seorang konsumen melakukan transaksi digital untuk belanja online, Kamis 10 Februari 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Industri

Mau Pemasaran Digital Anda Tepat Sasaran? Coba Langkah Ini

  • Untuk diketahui, tumbuh pesatnya penggunaan internet selama pandemi COVID-19 telah melahirkan potensi yang sangat besar bagi para pelaku usaha dalam memasarkan produk dan layanan melalui fasilitas digital.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Sribu Digital Kreatif, perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa solusi konten dan pemasaran digital berbasis crowdsourcing, membagikan informasi mengenai empat langkah penting dalam membangun fondasi pemasaran digital yang tepat sasaran.

Untuk diketahui, tumbuh pesatnya penggunaan internet selama pandemi COVID-19 telah melahirkan potensi yang sangat besar bagi para pelaku usaha dalam memasarkan produk dan layanan melalui fasilitas digital.

Founder dan CEO Sribu Ryan Gondokusumo mengatakan, sebelum pandemi melanda, banyak pemilik usaha yang memandang pemasaran digital hanya sebatas salah satu cara untuk menjangkau audiens di samping cara-cara lainnya.

Meski demikian, seiring dengan berlangsungnya pandemi dan transformasi digital yang terus tumbuh, pemasaran digital atau digital marketing pun menjadi kebutuhan yang sangat penting.

"Selama pandemi, kami melihat bagaimana klien-klien Sribu yang semula menggunakan jasa freelancer hanya untuk pembuatan desain, mulai merambah ke ranah pemasaran digital untuk meningkatkan bisnisnya. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan permintaan untuk jasa terkait pemasaran digital seperti pembuatan website dan konten untuk mendukung upaya pemasaran via media sosial," ujar Ryan melalui keterangan tertulis, Jumat, 1 Juli 2022.

Dikatakan oleh Ryan, era digital sebenarnya telah memudahkan para pelaku usaha dalam memperluas jangkauan pembeli. Namun, di samping kemudahan itu, tetap diperlukan strategi yang tepat untuk meyakinkan calon pembeli atas produk yang ditawarkan.

Berikut ini empat langkah yang penting untuk diketahui dalam membangun fondasi pemasaran digital:

1. Spesifik dalam menentukan profil audiens

Pelaku usaha harus bisa menetapkan profil calon pembeli atau pengguna layanan yang akan dituju untuk pemasaran produk secara spesifik berikut dengan pola kebiasaan mereka.

Beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan sebagai acuan profiling misalnya (1) siapa calon pembeli utama yang ditargetkan berdasarkan gender, usia, keuangan, dan persona? (2) apa yang menjadi pertimbangan mereka untuk membeli suatu produk atau jasa? dan (3) apa saja aspek yang memengaruhi pengambilan keputusan tersebut?

2. Menetapkan kanal pemasaran digital yang akan digunakan

Selanjutnya, pelaku bisnis perlu memilih kanal pemasaran digital yang akan digunakan untuk menyasar calon pembeli, dan pemilihan itu bisa disesuaikan dengan profiling calon konsumen.

Pemilihan kanal juga sangat dipengaruhi oleh jenis produk atau layanan yang akan ditawarkan. Kanal yang bisa digunakan di antaranya website, media sosial, e-mail, dan sebagainya.

Misalnya, untuk usaha restoran, media sosial bisa menjadi kanal yang tepat untuk memasarkan produk. Sementara itu, untuk usaha seperti alat berat yang mana para konsumennya kemungkinan besar tidak mencari produk di media sosial, website bisa menjadi kanal yang diutamakan.

3. Petakan customer journey

Setelah memahami profil dan kebiasaan calon konsumen, yang selanjutnya perlu dilakukan adalah mencari tahu pola perilaku mereka dalam mengambil keputusan pembelian.

Sangat lazim apabila calon pembeli menggunakan lebih dari satu kanal dalam proses mereka untuk sampai ke keputusan tersebut. Misalnya, seseorang yang sedang mencari produk kuliner mungkin akan mencari restoran di media sosial.

Setelah itu, mereka kemungkinan akan menggunakan mesin pencarian untuk melihat reputasi, ulasan, dan alamat restoran.

Dengan melacak customer journey atau proses konsumen dalam mengambil keputusan, pemilik usaha bisa menyusun strategi untuk mengoptimalkan masing-masing kanal dalam rangka menarik perhatian audiens.

4. Persiapkan konten

Aspek yang paling menentukan kesuksesan pemasaran digital adalah konten yang dihadirkan. Strategi pembuatan konten digital yang tepat dapat menjadi kunci kesuksesan dalam menjangkau konsumen sebanyak mungkin.

Ada banyak cara untuk memunculkan daya tarik pada suatu konten, misalnya dengan desain yang menarik, pilihan warna yang tepat, atau melibatkan influencer dalam pembuatannya.