Nampak proses pembuatan makanan tradisional roti gambang di kawasan Karawaci Kota Tangerang, Senin 2 Agustus 2021. Foto :Panji Asmoro/TrenAsia
Industri

Mau Sukses Bisnis Kuliner? Hadirkan Menu untuk Santai Sore dan Lepas Makan Malam

  • Laporan Tren F&B Indonesia 2020/2021 dari Grab menunjukkan, pemesanan makanan di waktu santai sore dan lepas makan malam cukup tinggi
Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Laporan Tren F&B Indonesia 2020/2021 dari Grab menunjukkan, pemesanan makanan di waktu santai sore dan lepas makan malam cukup tinggi.

Kendati sudah di luar jam makan, ternyata konsumen gemar jajan kuliner untuk sekadar memuaskan selera makan mereka. Untuk itu, pelaku usaha kuliner bisa membidik waktu-waktu ini untuk menambah volume penjualan di luar jam makan utama.

Siapa yang tak suka ngemil saat sore hari? Bagi kebanyakan orang, terutama karyawan di perkantoran, sore hari adalah waktu yang tepat untuk sedikit melepas lelah seharian bekerja dan bersiap pulang.

Maka tak heran, waktu santai sore menjadi salah satu jam tersibuk di layanan pesan-antar makanan seperti di GrabFood. Agar tepat sasaran, GrabFood merekomendasikan sejumlah menu yang paling laris dipesan di saat santai sore, seperti minuman teh susu coklat hazelnut. 

Fakta uniknya, 1 teh susu coklat hazelnut terjual setiap 10 detik selama santai sore pada 2020 loh!

Selain teh susu, minuman popupar lain seperti kopi susu, es teh, kopi susu gula aren, es susu boba gula merah juga menjadi favorit. Makanannya, orang Indonesia paling banyak memesan mie goreng pedas, siomay, kentang goreng, udang keju sebagai kudapan yang tidak terlalu berat.

Adapun anggaran yang dihabiskan untuk jajan sore di layanan pesan-antar rata-rata berkisar Rp26.000 sampai Rp28.000.

Selepas makan malam, rupanya bisnis kuliner tak juga sepi peminat. GrabFood mengkatagorikan pesanan di antara jam 10 malam hingga jam 5 pagi sebagai menu lepas makan malam. Biasanya, orang Indonesia menikmati makanan ringan di malam hari, seperti ayam goreng, kentang goreng, burger, dan es krim.

“Promo di luar jam sibuk (3-5 sore) umumnya bekerja lebih baik di akhir pekan daripada hari kerja. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak pesanan di luar jam sibuk, akhir pekan mungkin merupakan waktu yang baik untuk memulai,” tulis GrabFood dalam laporan tersebut, dikutip Jumat 17 September 2021.