FIFA Referee
Dunia

Mau Tau Gaji para Wasit di Piala Dunia Qatar 2022? Simak Rinciannya!

  • Menjadi seorang wasit dalam pertandingan sepak bola memang tugas yang tidak bisa dibilang mudah.
Dunia
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Menjadi seorang wasit dalam pertandingan sepak bola memang tugas yang tidak bisa dibilang mudah.

Kebijaksanaan, keadilan, serta ketegasan menjadi sebuah paket komplit yang harus dimiliki seorang wasit di tengah lapangan hijau.

Memimpin pertandingan sekaliber Piala Dunia adalah impian banyak wasit di seluruh dunia. Adapun FIFA sebagai induk organisasi sepak bola tertinggi di dunia sudah mempersiapkan hal terbaik untuk mendukung kesuksesan acara pada tahun ini yang dihelat di Qatar.

Piala Dunia Qatar 2022 memboyong kurang lebih 36 wasit utama, 69 asisten wasit, dan 24 asisten Video Assistant Referees (VAR) ke Piala Dunia 2022.

Dari ke-36 waasit tersebut, enam diantaranya adalah wasit wanita dari berbagai konfederasi, yakni Eropa, Asia, Afrika, Afrika, dan Amerika.

Para wasit itu terpiluh karena pengalamannya memimpin laga-laga besar, baik di kancah domestik, dan internasional.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut pembagian bayaran yang akan diterima wasit per pertandingan di Piala Dunia Qatar 2022:

- Wasit Utama

Wasit yang menentukan jalannya pertandingan dan menyatu dengan para pemain sepakbola ini, biasanya menerima bayaran US$3000 (Kurs: Rp15.692) atau sekitar Rp47 juta, dan jika wasit tersebut memimpin jalannya pertandingan partai final, bayarannya akan berlipat menjadi US$10.000 atau Rp156 juta. Pertimbangan lain adalah jika wasit itu berkinerja baik di dalam semua pertandingan dan terpilih memimpin partai puncak, bayaran yang akan didapat kurang lebih mencapai US$300.000 atau Rp4,70 miliar sepanjang turnamen.

- Asisten Wasit

Wasit yang berada di garis pinggir lapangan ini tak kalah pentingnya untuk melihat beberapa pelanggaran yang terjadi di dalam lapangan. Asisten wasit mendapat bayaran sebesar US$2,500 atau Rp39 juta untuk babak penyisihan, dan jika sampai di babak puncak bisa mengantongi US$5,000 atau Rp78 juta. Sementara jika diakumulasi, asisten wasit akan mendapat US$150,000 atau Rp2,35 miliar.

- Offisial Keempat

Offisial yang bertugas untuk mengatur pergantian pemain ini juga tak kalah penting, untuk memastikan kesiapan pemain yang akan masuk maupun ke luar lapangan. Bayaran yang offisial keempat terima sama dengan asisten wasit yaitu di rentang US$2,500 atau Rp39 juta pada babak penyisihan dan akan mendapat US$5,000 atau Rp78 juta bila sampai ke laga pamungkas. Lalu akan mengantongi US$150,000 atau Rp2,35 miliar bila sampai ke partai puncak.

- Wasit VAR

VAR yang di ujicoba pada tahun 2016 di ajang Major League Soccer (MLS) merupakan 'pemain' baru dalam sepak bola modern. VAR adalah Asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit utama dengan melihat rekaman video dan headset sebagai alat komunikasi. VAR bertujuan untuk meminimalisasi faktor kesalahan manusia yang dapat menyebabkan pengaruh besar pada hasil pertandingan. Wasit yang bertugas pad VAR akan mendapat US$3,000 atau Rp47 juta untuk setiap pertandingan dan bila masuk ke babak berikutnya akan meningkat menjadi US$5,000 atau Rp78 juta dan jika diakumulasi akan mendapat US$175,000 atau Rp2,74 miliar.

Wasit Wanita di Piala Dunia Qatar 2022

Hal yang menarik akan tersaji pada gelaran Piala Dunia Qatar 2022 tahun ini. Selain stadion yang megah dan juga fasilitas canggih di dalamnya, ada juga yang mencuri perhatian adalah dengan adanya wasit wanita.

Ada tiga wasit wanita dan juga tiga asisten wasit wanita yang akan bertugas di Piala Dunia 2022. Ini adalah pertama kalinya wanita yang akan memimpin jalannya pertandingan sepak bola pria

Para wasit wanita yang akan memimpin laga Piala Dunia 2022 yaitu Stephanie Frappart berusia 38 tahun, kemudian Yoshimi Yamashita, 36 tahun dan Salima Mukansanga, 33 tahun.

Stephanie Frappart adalah wasit yang paling terkenal di antara Yoshimi dan Salima. Wasit kelahiran Prancis tersebut pernah bertugas pada final Piala Dunia Wanita 2019. Pada ajang interanasional lainnya, ia pernah memimpin laga Piala Super Eropa antara Liverpool dan Chelsea pada akhir 2019.

Yoshimi Yamashita yang berasal dari Jepang, adalah wasit pertama dari Asia yang berhasil memimpin laga Liga Champions AFC Asia pada awal tahun 2022. Adapun laga interanasional lain yang pernah ia pimpin adalah laga AFC Cup antara Yangon United FC dari Myanmar vs Dragon World dari Kamboja.

Salim Mukansanga adalah wasit yang berasal dari Rwanda dan pernah memimpin laga di Piala Afrika pada awal tahun 2022. Laga yang ia pimpin saat itu adalah ketika Zimbabwe bertemu dengan Guinea di babak penyisihan grup. Di laga tersebut, tiga asisten Mukansanga juga adalah seorang wanita.

Tidak hanya itu, FIFA juga menunjuk tiga asisten wasit wanita yang akan terlibat dalam gelaran pesta sepak bola terbesar di dunia itu, dan ketiganya berasal dari benua Amerika.

Ketiga asisten wasit wanita itu adalah Neuza Back dari Brazil. Lalu dari Meksiko, Karen Diaz Medina dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat.