Dato' Khairussaleh Ramli, selaku President & Group CEO Maybank, dan Arthur Adisusanto, Country Head Modalku.
Fintech

Maybank Resmi Investasi di Modalku, Perluas Pendanaan UMKM se-ASEAN

  • Investasi ini ditujukan untuk memperkuat inklusivitas keuangan serta menjembatani kesenjangan pendanaan yang masih dihadapi oleh masyarakat luas, khususnya di sektor UMKM.

Fintech

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA – Maybank, grup yang telah lama menjadi mitra bagi lebih dari satu juta pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh ASEAN, mengumumkan investasi strategisnya di Grup Modalku, platform pendanaan digital terkemuka di Asia Tenggara. 

Investasi ini ditujukan untuk memperkuat inklusivitas keuangan serta menjembatani kesenjangan pendanaan yang masih dihadapi oleh masyarakat luas, khususnya di sektor UMKM. 

Langkah ini menjadi salah satu langkah strategis pertama dalam inisiatif baru Maybank yang berfokus pada investasi di perusahaan-perusahaan teknologi digital yang unggul di kawasan ASEAN. 

Investasi ini merupakan bagian dari rencana besar Maybank dalam mempercepat inovasi layanan keuangan melalui kolaborasi dengan perusahaan fintech. Selain itu, hal ini sejalan dengan strategi digitalisasi Maybank yang dituangkan dalam inisiatif M25+. 

Grup Modalku didirikan pada tahun 2015 dengan misi memberikan solusi pendanaan bagi UMKM yang kerap menghadapi tantangan dalam mendapatkan akses kredit dari lembaga keuangan tradisional. 

Sejak berdirinya, Grup Modalku telah berhasil menyalurkan pendanaan bisnis senilai lebih dari Rp 63 triliun kepada lebih dari 100.000 pelaku usaha di berbagai negara, termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. 

Di Indonesia, Modalku diakui sebagai salah satu platform pendanaan digital  yang sudah memperoleh izin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Baca Juga: Tips untuk Pelaku UMKM agar Mudah Dapat Pinjaman Modal Kerja

Kolaborasi Maybank dan Modalku untuk Percepat Inklusi Keuangan 

Dato' Khairussaleh Ramli, selaku President & Group CEO Maybank, mengungkapkan bahwa Maybank berkomitmen kuat dalam mendukung perkembangan UMKM, yang disebutnya sebagai "tulang punggung ekonomi ASEAN". 

"Dengan memanfaatkan keahlian perbankan kami bersama platform digital Grup Modalku yang inovatif, Maybank berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem UKM yang kuat dan memastikan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi semua," ujar Ramli melalui pengumuman tertulis yang diterima TrenAsia, Rabu, 11 September 2024. 

Melalui investasi di Modalku, Maybank berharap dapat mempercepat upaya untuk mendorong inklusi keuangan secara lebih luas, sejalan dengan misi perusahaan yaitu "Humanising Financial Services". 

Sinergi antara keahlian perbankan Maybank dengan inovasi teknologi yang dimiliki Modalku diyakini akan memperkuat ekosistem UMKM, serta membantu menciptakan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan. 

Perluas Akses Kredit UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara 

Arthur Adisusanto, Country Head Modalku, turut menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Maybank. Menurutnya, kolaborasi ini mencerminkan komitmen bersama kedua perusahaan dalam memberikan solusi terbaik bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Arthur menambahkan bahwa dukungan Maybank akan mempercepat upaya Modalku dalam memberikan akses kredit yang lebih luas kepada UMKM, khususnya bagi mereka yang belum terjangkau oleh layanan keuangan formal, serta membantu mereka mengatasi tantangan dalam pengelolaan arus kas. Hal ini, pada akhirnya, akan mendukung pertumbuhan bisnis UMKM secara optimal. 

"Kolaborasi ini menguatkan komitmen kami untuk memperluas akses kredit kepada UMKM yang belum terlayani dan menghadapi tantangan dalam manajemen arus kas, sebagai bagian dari upaya kami mendukung pelaku usaha mencapai potensi bisnis mereka," ungkap Arthur. 

Mendorong Inovasi dan Digitalisasi melalui M25+ 

Investasi ini juga merupakan bagian dari strategi besar Maybank, yaitu M25+, yang menekankan pentingnya digitalisasi dalam membangun ekosistem perbankan yang lebih terintegrasi. 

Melalui pengelolaan ekosistem baik di dalam maupun di luar sektor perbankan, Maybank berharap dapat menciptakan layanan yang lebih inklusif dan inovatif, sekaligus memperluas jangkauan layanan keuangan kepada lebih banyak pelaku usaha di seluruh ASEAN.