<p>Ilustrasi PT Mayora Indah Tbk. / Mayoraindah.co.id</p>
Korporasi

Mayora Indah (MYOR) Ikut Terapkan ESG, Berikan Nilai Tambah di Setiap Produk

  • PT Mayora Indah Tbk turut mendorong bisnis berkelanjutan pada perseroannya. Dengan menerapkan aspek environmental (lingkungan), social (sosial), governance (tata telola) atau ESG.
Korporasi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Mayora Indah Tbk turut mendorong bisnis berkelanjutan pada perseroannya. Dengan menerapkan aspek environmental (lingkungan), social (sosial), governance (tata telola) atau ESG.

Sepanjang 2021, perseroan berkomitmen menjadi perusahaan makanan dan minuman dengan pertumbuhan yang berkesinambungan serta memberikan value added pada setiap produk.

Dari sisi tata kelola yang baik, menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, pengelolaan Sumber Daya Manusia, lingkungan, praktik operasional yang adil, pelayanan terbaik bagi pelanggan dan kualitas produk, serta kontribusi kepada masyarakat.

Menjaga hubungan harmonis dengan lingkungan masyarakat, pelanggan dan pemasok juga memperlancar operasional usaha. Perseroan melakukan inisiatif strategis yang dilakukan pada area produksi, pengembangan produk baru, penguatan kompetensi sumber daya manusia, serta adaptasi program tanggung jawab sosial perusahaan yang lebih berfokus pada kesehatan dan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Selain itu perseroan juga fokus memberi perhatian pada tanggung jawab sosial dan lingkungan. Dari sisi sosial perseroan menerapkan kebijakan kesetaraan gender dan kesempatan kerja.

Dalam pengelolaan sumber daya manusia, perseroan memberi kesempatan yang sama dan setara bagi semua orang, mulai dari rekrutmen, pelatihan, pengembangan, karier, maupun remunerasi. Semua didasarkan pada penilaian yang obyektif dan tidak memihak baik berdasarkan etnis, agama, gender, usia, pandangan, dan faktor-faktor lain yang mencerminkan diskriminasi.

Perseroan menerapkan prinsip keadilan dalam remunerasi yang diberikan kepada karyawan dengan cara menyusun struktur gaji untuk masingmasing tingkatan karyawan dan melakukan survey compensation & benefit industri consumer goods.

Dari lingkungan, protect and nourising our planet merupakan komitmen perseroan untuk bertanggung jawab dalam penggunaan material dan energi
yang ramah lingkungan, termasuk didalamnya untuk konservasi energy, air serta sistem pengelolaan limbah.

Sepanjang tahun 2021, perseroan berhasil menurunkan penggunaan energi sebanyak 1.4% secara keseluruhan, dengan cara secara bertahap mengganti mesin baru yang sebelumnya menggunakan solar sebagai bahan bakar,
menjadi gas atau listrik.

Dengan demikian jumlah energi yang dihasilkan menjadi lebih besar, dan menghasilkan emisi yang jauh lebih rendah. Penurunan emisi sepanjang 2021 yang berhasil dilakukan adalah sebesar 1.57% dibandingkan tahun sebelumnya.