<p>Gedung Waskita Heritage dikawasan MT Haryono, Jakarta Selatan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Mayoritas Dana Rights Issue Waskita Karya (WSKT) Untuk Jalan Tol, Ini Rinciannya

  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) mengincar dana sebanyak-banyaknya Rp11,96 triliun dari rights issue, yang mayoritas dananya akan digunakan oleh BUMN konstruksi ini untuk sejumlah proyek jalan tol.
Korporasi
Vega Aulia

Vega Aulia

Author

JAKARTA – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) mengincar dana sebanyak-banyaknya Rp11,96 triliun dari rights issue, yang mayoritas dananya akan digunakan oleh BUMN konstruksi ini untuk sejumlah proyek jalan tol. 

Rinciannya adalah, sebesar-besarnya sekitar Rp7,9 triliun yang berasal dari PMN (Penyertaan Modal Negara) dari pemegang saham pengendali yaitu Republik Indonesia akan digunakan untuk modal kerja konstruksi proyek, investasi pembangunan dan retensi ruas jalan tol serta Cash Deficiency Support di grup usaha PT Waskita Toll Road (WTR).

Berdasarkan prospektus yang dirilis Jumat, 17 Desember 2021, mekanisme penyaluran dana dari Waskita kepada WTR dalam bentuk setoran modal minimal sekitar Rp1,4 triliun dan dalam bentuk shareholder loan sebesar-besarnya sekitar Rp6,5 triliun. 

Adapun rincian ruas tol dan rencana alokasi dana sebagai berikut:

a. Sebesar-besarnya sekitar Rp3,03 triliun untuk Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Tahap II

b. Sebesar-besarnya sekitar Rp1,13 triliun untuk Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu

c. Sebesar-besarnya sekitar Rp0,62 triliun untuk Tol Cimanggis Cibitung

d. Sebesar-besarnya sekitar Rp0,64 triliun untuk Tol Ciawi-Sukabumi

e. Sebesar-besarnya sekitar Rp1,06 triliun untuk Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar

f. Sebesar-besarnya sekitar Rp1,22 triliun untuk Tol Pasuruan-Probolinggo

g. Sebesar-besarnya sekitar Rp0,2 triliun untuk Tol Pejagan-Pemalang

Selanjutnya, dalam hal terdapat sisa dana hasil Penawaran Umum setelah digunakan untuk penggunaan dana sebagaimana disebutkan di atas, maka sisa dana hasil PUT II akan digunakan untuk modal kerja konstruksi proyek di Perseroan.

Rencana Pembayaran CDS untuk Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sudah mendapatkan persetujuan dari seluruh kreditur dan apabila di kemudian hari ada pembayaran Cash Deficiency Support selain untuk CDS BUJT, maka akan dilakukan permohonan persetujuan dari seluruh kreditur.

Sebelumnya diberitakan, WSKT bakal menerbitkan sebanyak-banyaknya 19.295.430.298 saham baru seri B dalam Penawaran Umum Terbatas (PUT) II atau rights issue pada penghujung tahun ini. 

Waskita Karya mematok harga pelaksanaan sebesar Rp620 per saham. Sehingga, jumlah dana yang akan diterima perseroan dalam PUT II ini adalah sebanyak-banyaknya Rp11,96 triliun. 

Skema rights issue-nya adalah, setiap pemegang 1 miliar saham lama berhak atas 1.421.504.343 HMETD (Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu), di mana 1 HMETD berhak untuk membeli 1 Saham Baru.