Mbappe dan Bellingham memiliki valuasi tertinggi diantara seluruh pemain yang berlaga di Euro 2024.
Olahraga

Mbappe Vs Bellingham, Siapa yang Memiliki Valuasi Tertinggi di Euro 2024?

  • Mbappe dan Bellingham memiliki valuasi senilai Rp3,18 triliun. Nominal itu tertinggi dari seluruh pemain yang berlaga di Euro 2024.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Sebelum UEFA Euro 2024 dimulai, Kylian Mbappe sudah menghebohkan publik bola setelah Real Madrid memperkenalkannya sebagai pemain baru. Yang menarik, sang Raja Eropa asal Spanyol ini berhasil mendatangkan bintang Prancis itu tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun, meskipun valuasi Mbappe sangatlah tinggi.

Artinya, Mbappe dan Jude Bellingham pada musim depan akan bermain bersama di Madrid. Ini tentu menjadi ancaman yang signifikan bagi rival utama Madrid, Barcelona. Namun, kedua pemain tersebut masih harus adu kekuatan membela negara masing-masing di Euro 2024.

Pertanyaannya, siapa yang memimpin sebagai pemain termahal di Euro 2024? Sebab, Bellingham yang memegang paspor Inggris, tengah menjadi sorotan usai membawa Madrid memenangkan Liga Champions 2023/2024 di musim perdananya.

Asal tahu saja, Bellingham diboyong Madrid pada awal musim lalu dari Borussia Dortmund dengan biaya transfer sebesar 103 juta Euro atau Rp1,68 triliun. Harga yang mahal itu terasa murah, lantaran pemain berusia 20 tahun itu langsung klop dengan gaya bermain Ancelotti.

Menukil data Transfermarkt.com, di musim perdana bersama los blancos, Bellingham mencatatkan 42 penampilan, dengan raihan 23 gol dan 13 assist di seluruh kompetisi. Selain mempersembahkan gelar Liga Champions, Bellingham juga sukses mengangkat trofi Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol.  

Berkat penampilannya yang gemilang itu, nilai pasar Bellingham melonjak tajam menjadi 180 juta Euro, setara dengan Rp3,18 triliun. Apakah nilai pasar tersebut menjadi yang tertinggi dari seluruh pemain yang berlaga di Euro 2024?

Mengacu data tersebut, nilai pasar Bellingham setara dengan Mbappe, yang akan menjadi rekan satu timnya di musim depan. Asal tahu saja, Madrid memboyong Mbappe dengan bebas transfer lantaran sang pemain habis kontrak di Paris Saint-Germain (PSG).

Kylian Mbappe 

Padahal, di pertengahan 2023, PSG mendapatkan penawaran dari Al Hilal untuk membeli Mbappe senilai Rp5 triliun. Namun, tawaran itu dihiraukan karena sang pemain tidak tertarik pindah ke Arab Saudi.

PSG membeli Mbappe kala sang pemain masih berusia 18 tahun dari AS Monaco senilai Rp2,8 triliun. Selama 7 musim berseragam PSG, Mbappe mencatatkan 307 penampilan dan 256 gol. Untuk tim nasional Prancis, Mbappe telah mencatakan 77 penampilan, 46 gol dan 1 gelar juara Piala Dunia 2018.

Mengacu statistik di tim nasional, Mbappe tampaknya lebih unggul. Sebab, Bellingham yang debut dengan timnas Inggris pada 2020 lalu, baru memainkan 29 pertandingan dan 2 gol saja.

Oleh sebab itu, Euro 2024 adalah pembuktian bagi Bellingham di ajang internasional bersama negaranya, yang mana The Three Lions belum pernah merengkuh trofi ini. Inggris sendiri tergabung di Grup C bersama Slovenia, Denmark dan Serbia.

Bagi Mbappe, Euro 2024 memiliki makna penting. Ini menjadi kesempatan baginya untuk meraih trofi internasional yang belum pernah diraih sebelumnya. Terakhir kali Prancis merengkuh ajang ini 24 tahun silam. Tim Ayam berada di Grup D bersama Belanda, Polandia, dan Austria.

Di bawah ini adalah 7 pemain yang memiliki nilai pasar atau valuasi tertinggi yang berlaga di Euro 2024. Perlu dicatat, valuasi ini dihitung dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti usia pemain, performa di lapangan, durasi kontrak, dan lain sebagainya.

  1. Jude Bellingham (Inggris): 180 juta Euro/Rp3,1 triliun.
  2. Kylian Mbappe (Prancis): 180 juta Euro/Rp3,1 triliun.
  3. Phil Foden (Inggris): 150 juta Euro/Rp2,6 triliun.
  4. Bukayo Saka (Inggris): 130 juta Euro/Rp2,3 triliun.
  5. Florian Wirtz (Jerman): 130 juta Euro/Rp2,3 triliun.
  6. Declan Rice (Inggris): 120 juta Euro/Rp2,1 triliun.
  7. Rodri (Spanyol): 120 juta Euro/Rp2,1 triliun.