Dunia

McDonald's Targetkan Emisi Nol Bersih pada 2050

  • New York - Pada hari Senin, McDonald's Corp menargetkan untuk memangkas emisi gas rumah kaca global pada tahun 2050, mulai dari daging sapi pada burger sampai b
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

NEW YORK- McDonald's Corp menargetkan untuk memangkas emisi gas rumah kaca global pada tahun 2050 hingga angka nol. Pemangkasan akan  dilakukan dari daging sapi pada burger sampai bola lampu di dalam restoran.

Perusahaan tersebut mengatakan sedang bekerja dengan Science Based Target initiative (SBTi) untuk mengubah target perubahan iklim yang ada. Tujuannya adalah menurunkan emisi absolut sekitar sepertiga bagi pemasoknya dan hampir 40.000 restoran yang dikelola perusahaan dan waralaba di seluruh dunia pada tahun 2030.

"Kami mencoba mengirimkan sinyal kepada mitra, investor, pemasok, merek lain dalam komunitas global, pembuat kebijakan, bahwa kami memiliki visi yang sama untuk tahun 2050," kata Chief Sustainability Officer McDonald's Jenny McColloch dalam sebuah wawancara dengan Reuters Senin 4 Oktober 2021.

Ilmuwan PBB mengatakan bahwa emisi bersih dunia harus turun sampai nol pada 2050 untuk mengatasi kenaikan suhu global tidak lebih dari 1,5 derajat Celcius dibandingkan tingkat pra-industri.

Rencana nol emisi mengharuskan perusahaan-perusahaan untuk mengurangi karbon dioksida dan mengimbangi emisi yang tersisa menggunakan proyek yang menangkap gas. Lebih dari 1000 perusahaan telah menandatangani perjanjian serupa melalui PBB atau SBTi.

Pada hari Rabu, dana yang mengelola aset hampir $30 triliun meminta 1.600 perusahaan paling berpolusi di dunia untuk menetapkan target emisi berbasis sains. Adanya kebakaran hutan, kekeringan, dan banjir membuat perubahan iklim yang lambat menjadi semakin mendesak.

McDonald's adalah salah satu perusahaan pembeli daging sapi terbesar di dunia. Sekitar 80% dari total emisi berasal dari rantai pasokannya, khususnya penggunaan daging sapi, daging ayam, susu, dan protein lainnya. Pedoman baru dari SBTi yang sudah bekerja akan digunakan, untuk fokus pada pengurangan emisi di bidang pertanian, penggunaan lahan, dan kehutanan.

"Daging sapi adalah kesempatan besar untuk membantu mendorong dampak di dunia dengan para petani dan mitra peternak kami," kata McColloch.

Sasaran nol bersih McDonald's pada 2050 mencakup emisi dari sumber langsung seperti kantor perusahaan dan restoran, dan sumber tidak langsung, terutama restoran waralaba dan barang serta jasa pemasok.