<p>Perusahaan minyak dan gas (migas) milik konglomerat Arifin Panigoro, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) / Facebook @medcoenergi</p>
Industri

Medco Energi: Kenaikan Belanja Modal Tahun Ini Kecil

  • PT Medco Energi Internasional Tbk menyatakan kenaikan belanja modal sebesar 4% tahun ini menjadi US$215 juta dari sebelumnya US$207 pada 2020 adalah relatif kecil.

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Medco Energi Internasional Tbk menyatakan kenaikan belanja modal sebesar 4% tahun ini menjadi US$215 juta dari sebelumnya US$207 pada 2020 adalah relatif kecil.

Dikutip dari keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Sabtu 5 Juni 2021, rincian komposisi belanja modal bidang minyak dan gas mencapai US$150 juta.

Belanja modal minyak dan gas tersebut terutama akan digunakan untuk program lanjutan dari temuan eksplorasi dan proyek pengembangan gas Hiu di Natuna Block B.

Sementara itu, belanja modal senilai US$65 juta untuk tenaga listrik sebagian besar digunakan untuk penyelesaian konstruksi CCPP Gas Riau 275MW yang akan beroperasi komersial pada Kuartal-4 tahun 2021, Ijen & Sarulla Geothermal dan Sumbawa PV.

Asal tahu saja, Medco Energi tahun lalu mengalami kinerja yang kurang optimal dikarenakan rendahnya permintaan energi akibat pandemi COVID-19.

Sepanjang 2020, persedoan hanya mencatat EBITDA sebesar US$502 juta, 20% di bawah 2019 karena permintaan gas dan harga minyak yang rendah.

Tahun lalu perseroan juga mengalami kerugian sebesar US$189 juta, termasuk satu kali penurunan non-tunai sebesar US$93 juta pada kuartal IV-2020. Perseroan melaporkan laba bersih sebesar US$9 juta untuk periode kuartal IV-2020, sebelum penurunan nilai dan seiring pulihnya harga minyak. (RCS)