Poster FIFA Matchday Timnas Argentina di Asia.
Gaya Hidup

Media Vietnam: Indonesia Rogoh Rp64 Miliar untuk Undang Timnas Argentina

  • Sejumlah media Vietnam merespons rencana laga persahabatan Timnas Argentina melawan Timnas Indonesia di Jakarta, 19 Juni 2023.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Sejumlah media Vietnam merespons rencana laga persahabatan Timnas Argentina melawan Timnas Indonesia di Jakarta, 19 Juni 2023. Salah satu media menyatakan Indonesia diperkirakan mengeluarkan dana hingga Rp64 miliar untuk mendaratkan Lionel Messi dkk. di Jakarta. 

Diketahui, Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) telah mengumumkan FIFA Matchday melawan Indonesia lewat akun media sosial merekam Senin 22 Mei 2023. Selain Indonesia, Tim Tango bakal menghadapi Australia di China, 15 Juni. Sejumlah media besar Vietnam seperti Bongda24h dan Bongda Plus turut memberitakan hal tersebut.

Bongda Plus mengomentari poster uji coba yang diunggah AFA yang di dalamnya muncul penggawa inti Argentina seperti Lionel Messi, Lautaro Martinez, Emiliano Martinez, Angel Di Maria dan Julian Alvarez. “Messi akan menghadapi Indonesia di Jakarta,” tulis Bongda Plus.

Media Vietnam lain, Vietnamnet, membeberkan dana yang harus dikeluarkan Indonesia untuk menggelar uji coba akbar tersebut. Mereka memperkirakan Indonesia harus merogoh kocek hingga 100 miliar dong atau sekitar Rp64 miliar. “Indonesia menghabiskan lebih dari 100 miliar dong untuk mengundang Argentina ke pertandingan persahabatan,” tulis Vietnamnet dalam artikelnya. 

Respons PSSI

Sebelumnya, jurnalis Inggris, Rory Smith, menyebut Indonesia harus mengeluarkan kocek sangat dalam jika ingin mendatangkan Argentina. Sebab Tim Tango dikenal sebagai salah satu timnas dengan bayaran termahal di dunia. Apalagi mereka baru saja menjuarai Piala Dunia. “Tarif untuk satu pertandingan dengan juara dunia telah naik begitu tinggi hingga US$5 juta (sekitar Rp73,4 miliar),” bebernya dilansir dari The New York Times. 

PSSI sendiri hingga Senin siang masih bungkam ihwal pengumuman laga uji coba melawan Timnas Argentina. PSSI memberi indikasi belum ada keputusan resmi terkait FIFA Matchday melawan Tim Tango. Federasi bakal memberi pengumuman apabila sudah ada perjanjian hitam di atas putih.