<p>Rumah Sakit Hermina / Dok. Perseroan</p>
Korporasi

Medikaloka Hermina (HEAL) Akan Bangun Rumah Sakit di IKN pada Agustus 2023, Direncanakan Rampung Tahun Depan

  • Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktur Medikaloka Hermina Aristo Setiawidjaja memberikan penjelasan atas pemberitaan di media massa yang menyebutkan perseroan akan mengoperasikan rumah sakit di IKN pada Agustus 2024.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) akan memulai pembangunan rumah sakit di ibukota nusantara (IKN) pada Agustus 2023 dan direncanakan rampung tahun depan.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktur Medikaloka Hermina Aristo Setiawidjaja memberikan penjelasan atas pemberitaan di media massa yang menyebutkan perseroan akan mengoperasikan rumah sakit di IKN pada Agustus 2024.

Menanggapi pemberitaan tersebut, Aristo mengatakan bahwa memang betul adanya bahwa HEAL berencana untuk mendirikan rumah sakit di IKN.

Dalam hal ini, Medikaloka Hermina akan bekerja sama dengan PT Bina Karya (Persero) yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Badan Usaha Otorita (BUO) yang berperan sebagai master developer.

"Perseroan masih menunggu izin pembangunan rumah sakit dengan target awal pembangunan yaitu Agustus 2023. Pembangunan akan berlangsung sekitar satu tahun," ujar Aristo dikutip dari keterbukaan informasi BEI, Senin, 26 Juni 2023.

Aristo pun menambahkan, saat ini perseroan memiliki arus kas internal dan fasilitas bank yang cukup untuk melaksanakan proyek ini.

Sebagai informasi, sebelumnya, Rumah Sakit Hermina yang merupakan bisnis dari HEAL telah mendatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Bina Karya (Persero) untuk pembangunan rumah sakit bertaraf internasional di kawasan IKN. Penandatanganan kerja sama itu berlangsung pada Selasa, 20 Juni 2023, di Hermina Tower.

Direktur Medikaloka Hermina Hasmoro mengatakan, di saat banyak investor bersikap menunggu untuk berinvestasi di IKN, pihaknya siap membangun rumah sakit yang pastinya diperlukan oleh masyarakat di IKN.

"Kami akan menyediakan unggulan pelayanan ibu dan anak, jantung, stroke, serta pelayanan gawat darurat dan ICU. Kami juga siap untuk menjadikan Rumah Sakit Hermina dengan pelayanan bertaraf internasional, pelayanan yang cepat dan akurat mengutamakan patient safety dengan didukung digitalisasi," kata Hasmoro dikutip dari keterangan resmi, Senin, 26 Juni 2023.

Menurut Hasmoro, rumah sakit yang akan dibangun ini menggunakan konsep ramah linkungan dengan penyiapan ruangan untuk pelayanan VVIP serta pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan non-BPJS.

Hasmoro pun menyebutkan bahwa pembangunan akan dilakukan dengan memperhatikan standar mutu dalam industri kesehatan global.

Rumah Sakit Hermina di IKN pun diharapkan perseroan dapat menjadi pusat pelayanan medis unggulan yang dapat melayani berbagai kebutuhan kesehatan dengan tingkat keahlian yang tinggi dan dapat berkontribusi kepada pengembangan sektor kesehatan di IKN.