Bekerja dari Rumah
Tekno

Meeting Makin Lancar! Ini Cara Tingkatkan Kualitas Video di Google Meet

  • Cara meningkatkan kualitas video saat melakukan Google Meet, di mana keunggulan ini merupakan tambahan yang disambut baik bagi mereka yang mengandalkan Google Meet untuk komunikasi dan kolaborasi.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Google Meet adalah salah satu platform yang sering digunakan untuk video conference atau meeting secara virtual yang paling banyak digunakan. Google bahkan juga terus menambahkan berbagai fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna dari waktu ke waktu. Bahkan baru-baru ini Google Meet juga memberikan pembaruan baru yang mengizinkan pengguna untuk meningkatkan kualitas video ketika melakukan meeting di Google Meet.

Fitur yang dimaksud ini adalah dukungan untuk mendapatkan kualitas video sampai 1080p. Bagi Anda yang tidak sadar, Google Meet sebetulnya digunakan untuk mendukung video hingga resolusinya sampai 720p hingga sekarang. Dengan adanya dukungan tambahan, pengguna dapat berkomunikasi dengan teman, rekan kerja, dan sebagainya dalam resolusi full HD.

Akan tetapi, untuk mendapatkan resolusi hingga 1080p ini, Anda harus mengaktifkannya dari menu Pengaturan atau Settings di Google Meet terlebih dahulu. 

Cara Meningkatkan Kualitas Video di Google Meet

Cara Meningkatkan Kualitas Video di Google Meet

Sebelum Anda menerapkan beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan kualitas video di Google Meet, pastikan Anda memiliki akun Google yang aktif, serta internet aktif di perangkat.

Google Meet akan menawarkan pilihan kepada pengguna untuk mengaktifkan kualitas video hingga 1080p pada saat Anda bergabung dengan meeting baru melalui prompt yang ada di pojok kanan atas. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih opsi yang ada dari menu pop up tersebut.

Jika Anda tidak melihat opsi itu, jangan khawatir. Opsi tersebut juga dapat diaktifkan dari Google Meet Setting. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas video di Google Meet Anda.

  1. Pertama, buka situs web atau aplikasi Google Meet, lalu mulai meet baru.
  2. Kemudian klik ikon Settings yang berbentuk seperti roda gigi untuk membuka menu Pengaturan atau Setting.
  3. Klik pada opsi Video, lalu lakukan perubahan ini pada Send resolution menjadi Full high definition (1080p) dan Receive resolution menjadi Full high definition (1080p).
  4. Setelah Anda memilih opsi tersebut, video yang akan Anda kirim ke orang lain adalah video HD (1080p). Namun, untuk melakukannya, orang lain yang sedang meeting dengan Anda juga harus menyetel opsi ‘Receive resolution’ ke 1080p untuk melihat perbedaannya dan menerima video dalam resolusi full HD.

Itu tadi cara meningkatkan kualitas video saat melakukan Google Meet, di mana keunggulan ini merupakan tambahan yang disambut baik bagi mereka yang mengandalkan Google Meet untuk komunikasi dan kolaborasi. Namun, agar orang lain dapat menerima video dalam resolusi full HD, mereka juga perlu menyetel opsi ‘Receive resolution’ ke kualitas 1080p terlebih dahulu. Tertarik menggunakannya?