Burj Khalifa (burjkhalifa)
Dunia

Megah dan Mewah, Inilah Destinasi Wisata di Dubai yang Harus Dikunjungi

  • Dubai, sebagai salah satu kota metropolitan yang berkembang dengan cepat, didominasi bangunan mewah dan canggih dengan arsitektur modern yang unik
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Dubai merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik bagi banyak turis internasional. Terlebih lagi, saat akan melakukan perjalanan umrah, seringkali orang menyempatkan waktu untuk berwisata ke Dubai meskipun hanya selama 24 jam.

Satu kota di Uni Emirat Arab ini sering menjadi pilihan favorit wisatawan karena keindahan berbagai tempat wisata menariknya. Dubai, sebagai salah satu kota metropolitan yang berkembang dengan cepat, didominasi bangunan mewah dan canggih dengan arsitektur modern yang unik, sebuah ciri khas yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Al Fahidi Historical Neighbourhood

Al Fahidi Historical Neighbourhood (cntraveler)

Al Fahidi Historical Neighbourhood terletak tidak jauh dari bandara, ini bisa menjadi pilihan destinasi pertama setelah tiba di Dubai. Tempat bersejarah ini menampilkan suasana kehidupan Dubai pada abad ke-19.

Salah satu tempat yang harus dikunjungi di sini adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum Centre for Cultural Understanding (SMCCU), di mana pengunjung dapat memperdalam pemahaman tentang budaya Emirati. Selain itu, jangan lewatkan untuk mengunjungi Symposium House dan Events House, tempat yang sering menggelar acara budaya Dubai yang menarik.

Arabian Tea House

Jika kamu ingin mencoba minuman tradisional Dubai, perkilah ke Arabian Tea House. Di sini, kamu akan disajikan Karak Chai, yaitu perpaduan antara teh pekat, susu, dan rempah-rempah. Buak kamu pecinta teh, tempat ini wajib dikunjungi.

Bur Dubai Grand Mosque

Bur Dubai Grand Mosque (visitdubai)

Jika masjid biasanya identik dengan rumah ibadah kaum Muslim, Bur Dubai Grand Mosque terbuka untuk orang-orang non Muslim. Masjid ini dapat menampung 1.200 orang. Bur Dubai Grand Mosque adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi sebab merupakan masjid terbesar dan ikonik di Dubai.

Di sini, kamu dapat mengikuti kegiatan seperti mosque experience pada hari Minggu, Selasa, dan Kamis pagi untuk memahami budaya Arab dan Islam lebih dalam.

Al-Seef

Al-Seef (gulfnews)

Ketika kamu lapar setelah mengunjungi tempat-tempat ikonok di Dubai, tentunya pasti Lelah dan lapar, bukan? Nah, kamu bisa kulineran di Al-Seef. Di sini, terdapat restoran khas Italia dan Lebanon yaitu Sul Fiume. Selain Sul Fiume, kamu bisa menikmati hidangan tradisional Emirat di Al Fanar Restaurant & Cafe.

Buat kalian yang ingin mengabadikan momen tak perlu khawatir, sebab desain interior dan eksterior tempat yang bergaya vintage ini dapat menjadi spot foto.

Spice Souk

Spice Souk (dubaitravelator)

Buat kamu yang tertarik mengeksplor rempah-rempah di Dubai, kamu bisa mengunjungi Spice Souk. Sebelum ke Spice Souk, kamu harus menyeberangi muara menggunakan perahu tradisional Dubai, yaitu Abra. Untuk menaiki Abra, belilah tiket seharga 2 Dirham (sekitar Rp8.000) terlebih dahulu.

Perlu kamu tahu, rempah-rempah Arab sangat beragam, lho! Oh ya, saat berbelanja di Spice Souk, jangan lupa menawar dan bertanya seputar resep agar nantinya tidak bingung untuk mengkreasikan rempah-rempah tersebut.

Dubai Mall

Dubai Mall (visitdubai)

Ini dia yang ditunggu-tunggu! Siapa sih di sini yang tak suka shopping? Buat kalian yang ingin berbelanja bisa datang ke sini. Dengan pusat perbelanjaan modern, mal terbesar Dubai ini terletak di samping Burj Khalifa. Mulai dari restoran, beragam outlet fashion brand, sampai outlet luxury brand tersedia di sini.

Souk Al Bahar

Souk Al Bahar (dubai-online)

Kalau kamu sudah di Dubai, rasanya kurang jika tak mampir di tempat ini. Tak mungkin juga jauh-jauh ke Dubai saat pulang tanpa membawa oleh-oleh. Maka dari itu, kamu bisa berbelanja buah tangan di Souk Al Bahar. Tempat ini adalah pasar tradisional yang menjual berbagai kerajinan tangan, parfum, barang antik, dan lainnya.

Time Out Market

Time Out Market (boston)

Masih satu Kawasan dengan Souk Al Bahar, Time Out Market adalah pusat kuliner yang menyajikan beragam hidangan mulai dari masakan tradisional Arab sampai masakan khas negara lain. Kamu tak perlu merogoh uang dengan nominal besar ketika makan di Time Out Market, sebab restoran-restoran di sini harganya terjangkau.

Burj Khalifa

Burj Khalifa (burjkhalifa)

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan tempat ini. Kamu dapat menikmati pemandangan indah Dubai dari lantai 124 dan 125 Burj Khalifa, dengan membeli tiket seharga Rp700.000. Jika ingin ke lantai yang lebih tinggi yaitu lantai 148, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp1.200.000. Meski terbilang cukup mahal, namun ini sangat worth it, dijamin kamu tak akan menyesal.

At.mosphere Lounge

At.mosphere Lounge (liloneoftheashes)

Tak lengkap jika ke Dubai tanpa menikmati fancy dinner. Kamu bisa menikmati hidangan khas Eropa di At.mosphere Lounge. Restoran ini terletak di lantai 122 Burj Khalifa. Selain menikmati sajian yang lezat, kamu juga bisa menikmati pemandangan Dubai Fountain.

Itu dia beberapa tujuan wisata di Dubai, semoga ini bisa membantu panduan wisatamu. Selamat bersenang-senang!