Calon presiden dan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto (AFP / Yasuyoshi Chiba)
Nasional

Megawati Tak Akan Hadiri Pelantikan Prabowo, Ada Apa?

  • Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dipastikan tidak hadir karena kondisi kesehatannya kurang fit setelah melakukan perjalanan ke Uzbekistan dan Rusia.

Nasional

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia besok, Minggu, 20 Oktober 2024. Acara pelantikan yang akan berlangsung di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, tidak hanya menjadi momen penting bagi bangsa, tetapi juga menarik perhatian dunia internasional.

Sebanyak 35 negara telah diundang dalam rangkaian acara pelantikan ini, menurut Ketua MPR Ahmad Muzani, 23 negara di antaranya akan dihadiri oleh kepala negara atau wakil kepala negara, sisanya akan diwakili oleh mantan kepala negara atau utusan khusus. 

Hingga Sabtu sore, 19 Oktober 2024, sudah ada 33 negara yang mengonfirmasi kehadiran, termasuk negara-negara sahabat dan mitra ASEAN. Bagi Muzani jumlah tamu internasional yang hadir dalam acara pelantikan ini menjadi kebanggaan tersendiri. 

Muzani berharap Indonesia dapat menjadi tuan rumah yang baik dan memberikan sambutan hangat kepada tamu-tamu dari berbagai negara. 

"Tentu saja ini sebuah jumlah yang sangat besar, membanggakan, dan ini sebuah penghormatan yang amat besar bagi kita sebagai bangsa," terang Ahmad Muzani di kompleks Senayan, Jakarta, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Kehadiran Tokoh Nasional

Dari dalam negeri, pelantikan ini juga akan menjadi ajang berkumpulnya para mantan pemimpin Indonesia. Mantan Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, dan deretan mantan Wakil Presiden seperti Try Soetrisno, Jusuf Kalla, dan Boediono, serta keluarga mendiang Abdurrahman Wahid dan Hamzah Haz telah memastikan akan hadir. 

Namun, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dipastikan tidak hadir karena kondisi kesehatannya kurang fit setelah melakukan perjalanan ke Uzbekistan dan Rusia.

"Ibu kondisinya kurang fit dan flu maka Ibu memutuskan untuk beristirahat. Dengan sangat menyesal, Ibu menyampaikan kabar kepada kami, melalui Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR RI Ahmad Basarah, untuk beristirahat,” tambah Muzani.

Pelantikan ini juga diharapkan akan menjadi momen persatuan politik Indonesia. Para mantan calon presiden dan wakil presiden 2024, seperti Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dijadwalkan hadir.  

Sekitar 1.100 orang diundang dalam acara ini, termasuk 732 anggota DPR dan DPD. Untuk menjaga keamanan, Polda Metro Jaya akan mengerahkan 6.757 personel, TNI juga mengirimkan 100.000 personel untuk memastikan kelancaran acara ini.

Pelantikan Prabowo-Gibran akan menjadi momen besar dalam sejarah Indonesia, memperkuat posisi negara di kancah internasional, serta mencerminkan kebanggaan dan semangat persatuan nasional yang terus diperkuat.

Daftar Negara yang Diundang ke Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka:

  1. Brunei Darussalam
  2. Filipina
  3. Kamboja
  4. Korea Selatan
  5. Malaysia
  6. Papua Nugini
  7. Serbia
  8. Singapura
  9. Kepulauan Solomon
  10. Timor-Leste
  11. Vanuatu
  12. China
  13. Laos
  14. Viet Nam
  15. Rusia
  16. Qatar
  17. Australia
  18. Selandia Baru
  19. Thailand
  20. Jerman
  21. Mesir
  22. Turki
  23. Arab Saudi
  24. Persatuan Emirat Arab
  25. Britania Raya
  26. Amerika Serikat
  27. India
  28. Yordania
  29. Jepang
  30. Italia
  31. Kanada
  32. Prancis
  33. Muslim Council of Elders
  34. Brazil
  35. Fiji