Peresmian Warehouse and Bagging Command Center Petrokimia Gresik
BUMN

Melalui Transformasi Digital, Petrokimia Gresik Perkuat Komitmen Penyaluran Pupuk Subsidi

  • Dengan transformasi digital berkelanjutan, perusahaan diharap dapat meningkatkan pengawasan, akurasi distribusi, dan memastikan ketersediaan pupuk di berbagai lini distribusi.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

GRESIK - PT Petrokimia Gresik bertepatan dengan HUT ke-78 RI luncurkan Warehouse and Bagging Command Center sebagai wujud komitmen transformasi digital perusahaan. 

 “Peluncuran Warehouse and Bagging Command Center merupakan bentuk  nyata komitmen transformasi berkelanjutan kami dalam menjalankan amanah penyaluran pupuk bersubsidi sesuai ketentuan," kata Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo dikutip dari Antara.

Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) produsen pupuk tersebut memang diketahui diberi tugas oleh pemerintah untuk menyalurkan pupuk bersubsidi. Dengan transformasi digital berkelanjutan, perusahaan diharap dapat meningkatkan pengawasan, akurasi distribusi, dan memastikan ketersediaan pupuk di berbagai lini distribusi.

Fasilitas tersebut  berfungsi sebagai menara kontrol bagi fasilitas penyimpanan dan pengantongan di Pabrik Phonska, Pabrik ZA, Pabrik Urea dan Pabrik Pupuk Fosfat, termasuk juga fasilitas gudang curah produk siap jual, dan fasilitas gudang in bag lini I Petrokimia Gresik. 

Dwi menjelaskan Command Center juga memiliki fungsi menjadi pusat bantuan utama atau helpdesk yang dapat diakses selama 24 jam untuk layanan shipping out kepada transportir dan pelanggan atau distributor pupuk.

Dwi berharap fasilitas tersebut dapat semakin meningkatkan efisiensi, pengawasan, dan akurasi distribusi. Dia juga menyatakan harapannya dengan adanya fasilitas tersebut, tugas penyaluran pupuk bersubsidi dapat terlaksana dengan lebih baik.

Dwi menyebutkan, transformasi digital yang dilakukan oleh perusahaan dapat memastikan kinerja yang baik dari perusahaan. “Melalui transformasi digital, kami ingin terus memastikan penyaluran pupuk bersubsidi ke seluruh Indonesia sesuai dengan penugasan dan meminimalisasi potensi penyimpangan,” ujarnya.

Inisiatif transformasi digital yang digagas Petrokimia Gresik semakin lengkap dengan hadirnya fasilitas Warehouse & Bagging Command Center guna memperkuat langkah-langkah dalam unit pengantongan dan distribusi produk perusahaan. Sejumlah inisiatif yang sebelumnya telah dilakukan perusahaan diantaranya adalah Smart Bagging System (SBS), Warehouse Management System (WMS), Digital Transport Management System (DTMS), Sistem Scheduling Truck Online (SISTRO), Customer Centric Excellence (2CE), serta Petrokimia Gresik Port Information System (Petroport).