Melalui unit usaha Mobil Go, PT Blue Bird Tbk targetkan penjualan 5.000-7.000 unit mobil bekas tahun ini.
Industri

Melalui Unit Usaha Mobil Go, Blue Bird Targetkan Penjualan Mobil Bekas sekitar 5.000-7.000 Unit Tahun Ini

  • Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Caready dan Mobil Go Blue Bird Hery Sugiarto kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 7 Maret 2023.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Blue Bird Tbk (BIRD) melalui salah satu unit usahanya, Mobil Go, menargetkan penjualan kendaraan bekas operasional taksi sekitar 5.000-7.000 unit tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Caready dan Mobil Go Blue Bird Hery Sugiarto kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 7 Maret 2023.

Hery pun menyampaikan bahwa penjualan mobil eks-taksi Blue Birdi ini cenderung statis dari tahun ke tahun dengan rentang 5.000-7.000 unit.

Walaupun tentunya penjualan diharapkan bisa terungkit setiap tahunnya, namun Hery mengatakan pula bahwa pada dasarnya Blue Bird masih menjadikan layanan taksi sebagai lini bisnis utama perseroan.

Sementara itu, unit usaha penjualan mobil bekas ini diinisiasi sejak 2016 untuk menjaga agar armada Blue Bird senantiasa berada di usia yang muda.

Kendati demikian, mobil bekas yang ditawarkan melalui Mobil Go ini sudah direkondisi sehingga tampak seperti baru dengan dokumen resmi yang terjamin keasliannya.

Hery pun menegaskan bahwa mobil bekas yang ditawarkan kepada khalayak memiliki catatan pemakaian yang relatif rendah untuk ukuran mobil bekas, yakni sekitar 65.000 kilometer.

"Menariknya, setiap tahun pembelian di Mobil Go ini berkisar di sekitar 5.000-7.000 unit. Sepertinya peminat mobil bekas kami ini ada segmen pasarnya tersendiri," ujar Hery.

Selain jumlah penjualan yang cenderung stagnan, kontribusi penjualan mobil bekas terhadap pendapatan BIRD pun dikatakan Hery tidak terlalu besar walau untuk persentasenya sendiri ia tidak bisa menyebutkan.

Selasa, 7 Maret 2023, Mobil Go mengumumkan penawaran mobil bekas Toyota Camry 2018 Tipe G yang dulunya digunakan untuk layanan premium Silver Bird sehingga dapat dikatakan unit ini ditawarkan untuk konsumen high-end.

Mobil ini disediakan sebanyak 100 unit untuk tahun 2023, dan sama seperti mobil-mobil bekas Blue Bird lainnya, unit ini bisa diperjualbelikan di pool Blue Bird tertentu di Jakarta, seperti pool Mampang, BSD, dan Kelapa Gading.

Selain Toyota Camry 2018 Tipe G, ada beberapa mobil bekas lainnya yang diperjualbelikan oleh Mobil Go yang mana unit-unitnya dibanderol dari sekitar Rp80 juta sampai Rp350 jutaan.

Mobil-mobil bekas yang ditawarkan pun memiliki dokumen resmi dan lengkap, terjamin keasliannya, sudah berplat hitam, memiliki catatan perawatan berkala, harga yang cukup bersaing, kilometer pakai yang masih rendah, serta kemudahan proses penjualan dan pembelian suku cadang.

Dalam peluncuran unit Toyota Camry 2018 Tipe G ini, Mobil Go Blue Bird menawarkan perawatan berkala di bengkel Bluebird.

Setiap unit mobil yang dirawat di bengkel Blue Bird pun akan mendapatkan catatan perawatan di samping garansi enam bulan yang diberikan kepada konsumen.

"Kami juga jual menjual kendaraan dalam keadaan terawat sesuai standar perawatan Blue Bird Group. Jadi, semua konsumen akan mendapatkan mobil dengan kualitas yang terbaik," pungkas Hery.