Karyawan berkatifitas dengan latar layar monitor pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, 8 September 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Korporasi

Melantai di Bursa Hari Ini, Produsen Bir Cap Tikus Janjikan Dividen 20 Persen

  • Manajemen BEER berjanji akan rutin mebagikan dividen tunai pada para pemegang saham sebanyak-banyaknya 20% dari laba bersih

Korporasi

Rizky C. Septania

JAKARTA - Produsen Bir Cap Tikus dan Daebak Soju, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) mulai melantai di Bursa hari ini, Jumat, 6 Januari 2022.

Sebelum resmi melantai di Bursa, Manajemen BEER berjanji akan rutin mebagikan dividen tunai pada para pemegang saham sebanyak-banyaknya 20% dari laba bersih.

Berdasarkan dokumen prospektus, kebijakan ini bakal diterapkan mulai tahun buku terakhir yakni 31 Desember 2022.

"Dividen dibagikan dengan tetap memperhatikan kondisi keuangan perseroan dari waktu ke waktu. Pembayaran dividen akan dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam setahun," kata manajemen seperti dikutip dalam prospektus Jumat, 6 Januari 2022.

Selain itu, manajemen BEER menambahkan bahwa pembayaran Dividen hanya dapat dilakukan ketika BEER mencatat laba bersih postif. Sarat lainnya tentunya perusahaan telah mendapat persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Adapun kebijakan bagi dividen juga diambil setelah mempertimbangkan kebutuhan modal kerja dan belanja modal, sekaligus keperluan pengembangan usaha di masa yang akan datang.

"Pembagian dividen interim tersebut tidak boleh mengganggu atau menyebabkan Perseroan tidak dapat memenuhi kewajibannya pada kreditor atau mengganggu kegiatan Perseroan," tulis manajemen.

Sebagai informasi, hingga kuartal III-2022, BEER membukukan penjualan bruto sebesar Rp54,90 miliar. Nilai ini meningkat 69,47% yoy dibandingkan periode sama tahun 2021.

Sedangkap untuk periode berjalan per 30 September 2022, laba BEER mencapai  Rp11,05 miliar, atau naik 59,92% yoy dibandingkan periode sama tahun 2021 senilai Rp6,91 miliar.