Layar menampilkan pergerakan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis 12 Januari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Pasar Modal

Melantai Perdana di Bursa, Saham IRSX Menguat Tipis 0,01 Persen

  • Menurut data RTI Business, saham IRSX menguat 0,99% pada sesi pertama di posisi Rp102 perlembar dari harga Rp101 perlembar yang ditawarkan sebagai harga perdana.
Pasar Modal
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Saham PT Aviana Sinar Abadi Tbk (IRSX) yang melantai perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Selasa, 7 Februari 2023, mengalami penguatan tipis di sesi pertama perdagangan.

Menurut data RTI Business, saham IRSX menguat 0,99% pada sesi pertama di posisi Rp102 perlembar dari harga Rp101 perlembar yang ditawarkan sebagai harga perdana.

Pada sesi ini, harga IRSX bergerak di rentang Rp94-Rp136 perlembar dan ditransaksikan sebanyak 41.769 kali dengan nilai Rp617,19 miliar.

Saham IRSX rata-rata diperdagangkan di harga Rp101,5 perlembar, dan saat ini IRSX ditawar paling tinggi di harga Rp101 perlembar dan paling rendahnya di angka Rp94 perlembar.

Untuk diketahui, IRSX menjadi perusahaan ke-13 yang melaksanakan IPO pada tahun 2023 dan menjadi emiten ke-838 di BEI hingga saat ini.

Dijamin pelaksanaan emisi efeknya oleh PT Shinhan Sekuritas Indonesia, IRSX menetapkan harga saham perdana di level Rp100-Rp101.

Sementara itu, jumlah saham yang ditawarkan oleh Aviana tercatat sebanyak 1 miliar lembar atau setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Dengan kata lain, total dana yang ditargetkan diperoleh dalam IPO ini mencapai Rp100 miliar.

Direktur Aviana Panji Pramana mengatakan, seluruh dana dari IPO dan hasil pelaksanaan waran akan dialokasikan untuk belanja modal, modal kerja, serta pengembangan usaha perseroan atau entitas anak.

Sekitar 78,57% dana dari IPO akan digunakan oleh entitas anak untuk belanja modal. Kemudian, sektiar 4,08% akan digunakan perseroan untuk belanja modal sementara 17,35% sisanya akan dimanfaatkan untuk modal kerja.

Dana dari Waran Seri I akan digunakan perseroan untuk membiayai kebutuhan operasional perseroan seperti biaya tenaga kerja di bidang teknologi informasi, kebutuhan dan utilitas kantor, biaya promosi dan pemasaran, biaya infrastruktur cloud, dan biaya pemeliharaan sistem teknologi informasi, serta biaya perlengkapan.

PT Aviana Sinar Abadi Tbk adalah perusahaan integrated digital IT yang menghubungkan bisnis dan teknologi.

IRSX menyediakan layanan berbasis teknologi yang mencakup berbagai bidang, mulai dari front-end system, back-end system, dan supporting service system.

Sudah berjalan lebih dari 10 tahun, IRS saat ini tercatat telah melayani lebih dari 1.200 klien dan mengelola lebih dari 180 juta transaksi setiap bulannya.