<p>Bank CIMB Niaga Syariah / Dok. Perseroan</p>
Korporasi

Melesat 42,5 Persen, CIMB Niaga Syariah Kantongi Laba Rp459 Miliar pada Kuartal I-2021

  • Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk, yakni CIMB Niaga Syariah mengantongi laba senilai Rp459 miliar pada kuartal I-2021, meningkat 42,5% year on year (yoy).

Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk, yakni CIMB Niaga Syariah mengantongi laba senilai Rp459 miliar pada kuartal I-2021, meningkat 42,5% year on year (yoy).

Tak hanya itu, aset CIMB Niaga Syariah juga meningkat 7,2% menjadi Rp45,4 triliun hingga akhir Maret 2021.

“Dengan posisi aset tersebut, CIMB Niaga Syariah menjadi UUS terbesar di Indonesia berdasarkan asetnya,” kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara dalam konferensi pers virtual, Kamis 24 Juni 2021.

Selain meningkat, kualitas aset juga terjaga dengan baik. Tercermin dari rasio non-performing financing (NPF) yang hanya sebesar 0,9%. Adapun penopang aset CIMB Niaga Syariah adalah penyaluran pembiayaan dan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) masing-masing sebesar Rp32,4 triliun dan Rp29,6 triliun per 31 Maret 2021.

Sementara itu, rasio current account savings account (CASA) tercatat sebesar 50,2% pada kuartal pertama 2021, naik 11,8% yoy. 

Kendati kinerja pada tiga bulan pertama 2021 positif, CIMB Niaga Syariah memangkas target pertumbuhan bisnis tahun ini menjadi 10%. Biasanya, target pertumbuhan bisnis bisa mencapai 20% sampai 30%.

“Melihat kondisi seperti ini, kami hanya menargetkan pertumbuhan bisnis sebesar 10 persen di tengah COVID-19,” tambah dia.

Dalam rangka meningkatkan layanan digital, CIMB Niaga Syariah terus mengoptimalkan OCTO Mobile yang dirancang layaknya Super App.

“Dalam kondisi saat ini, kami menyadari nasabah memiliki aspirasi yang meningkat terhadap akses finansial yang cepat, lengkap, dan mudah. Oleh karenanya, kami terus menghadirkan beragam fitur yang relevan di platform digital kami, khususnya OCTO Mobile,” ujarnya.

Lewat OCTO Mobile, nasabah bisa memenuhi kebutuhan perbankan secara lebih sehat dan aman. Mulai dari menabung, bertransaksi, berinvestasi, hingga pembiayaan sesuai kebutuhan. (LRD)