Ilustrasi penerapan berhasil tidaknya ESG ada di tangan manusia
Nasional

Melihat Optimisme Pertumbuhan ESG di Indonesia

  • Proyeksi dan harapan untuk penerapan ESG di Indonesia tampak sangat positif, dengan dampak besar terhadap berbagai aspek ekonomi dan bisnis di dalam negeri.

Nasional

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Prinsip Environmental (Lingkungan), Social (Sosial), dan Governance (tata kelola) atau lebih dikenal dengan ESG kini menjadi sorotan utama dalam perkembangan bisnis global. Proyeksi dan harapan untuk penerapan ESG di Indonesia tampak sangat positif, dengan dampak besar terhadap berbagai aspek ekonomi dan bisnis di dalam negeri.

Maria Rosaline, Presiden Direktur Institute For Sustainibility & Agility  mengungkapkan optimisme terhadap adopsi ESG didasari oleh kemampuan Perusahaan di Indonesia dalam beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Adanya kesadaran yang semakin meningkat akan pentingnya prinsip ESG telah mendorong perusahaan menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, ESG juga menjadi salah satu faktor utama dalam penilaian kinerja perusahaan yang akan memberikan nilai tambah bagi daya tarik investor.

“Proyeksinya menurut saya positif, jadi saya optimis masyarakat Indonesia itu pinter, mereka juga cukup cepet beradaptasi, dalam pengamatan saya penerapan ESG kedepannya akan berkembang dengan baik di Indonesia,” ujar Maria dalam wawancara TrenAsia, 24 Juli 2023.

Maria menegaskan bahwa penerapan ESG akan memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan investor. Rating ESG yang rendah dapat menghambat minat investor untuk berinvestasi, yang berpotensi penurunan nilai saham perusahaan. Sehingga ESG tidak hanya menjadi tanggung jawab moral perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat, tetapi juga faktor kunci dalam mempengaruhi nilai saham dan daya tarik investasi.

Kesadaran ESG oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia bukanlah sekadar upaya untuk memenuhi tuntutan pasar, tetapi juga mencerminkan kesadaran akan pentingnya menjaga keseimbangan antara tujuan ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial. Proyeksi positif dan adopsi yang semakin meluas terhadap prinsip ESG memberikan gambaran yang kuat mengenai komitmen perusahaan terhadap pertumbuhan berkelanjutan dan peningkatan tanggung jawab sosial perusahaan. 

Kesadaran yang semakin tajam terhadap pelaksanaan ESG  dalam praktik bisnis merupakan cerminan dari langkah nyata yang telah diambil oleh Indonesia dalam mewujudkan transformasi yang signifikan dalam kancah bisnis global. Fenomena ini menunjukan bahwa Indonesia telah mampu membaca  dinamika yang tengah berlangsung, di mana faktor-faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola telah menjadi pendorong utama dalam menilai keberhasilan dan keberlanjutan suatu bisnis.