<p>Kasus baru COVID-19 melonjak hingga 8.161, ketahui cara aman berbelanja kebutuhan pokok saat pandemi COVID-19/freepik.com</p>
Gaya Hidup

COVID-19 Melonjak Hingga 8.161 Kasus Baru, Ketahui Cara Aman Berbelanja Kebutuhan Pokok Saat Pandemi

  • Kasus baru COVID-19 melonjak hingga 8.161, ketahui cara aman berbelanja kebutuhan pokok saat pandemi COVID-19

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Pandemi COVID-19 yang disebabkan SARS-CoV-2 membuat kita jadi lebih berhati-hati. Hal ini karena infeksi yang disebabkan karena virus COVID-19 dapat dengan mudah disebarkan lewat percikan atau tetesan air liur baik saat berbicara atau ketika bernapas.

Bahkan, kini di Indonesia pasien COVID-19 bertambah, yaitu 8.161 kasus baru per tanggal 15 Juni 2021. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tindakan yang penting untuk Anda lakukan agar tidak terkena penularan COVID-19, termasuk ketika berbelanja kebutuhan pokok.

Berikut cara aman agar Anda tidak terkena penularan virus COVID-19 saat berbelanja kebutuhan pokok.

Sebelum berbelanja, sebaiknya cuci tangan Anda terlebih dahulu selama 20 detik sebelum keluar rumah. Anda juga sebaiknya berbelanja sendiri.

Berbelanjalah pada saat toko tidak penuh. Jika Anda melihat toko sedang penuh dan tidak dapat menjaga jarak sosial di dalam toko, kembalilah lain waktu.

Saat berbelanja, gunakan masker dan jangan dicopot, serta hindari menyentuh wajah. Jika cairan pembersih atau sanitizer tersedia, gunakan untuk membersihkan pegangan pada troli atau keranjang sebelum dan sesudah digunakan.

Jika Anda batuk atau bersin, tutup mulut dengan hidung dan tisu. Jangan lupa untuk menjaga jarak fisik dua meter antara Anda dengan orang lain. Pilihlah menggunakan metode pembayaran tanpa kontak jika memungkinkan.

Setelah berbelanja, cucilah tangan selama 20 detik, simpan belanjaan, lalu cuci tangan lagi.

Meskipun penularan COVID-19 di luar ruangan jauh lebih rendah daripada penularan di dalam ruangan, Anda tetap disarankan untuk mengenakan masker saat mengantre di luar ruangan atau saat mengunjungi penjual yang berjualan di luar ruangan.