Membersihkan Ponsel Bisa Menghindari Virus Corona, Lakukan dengan Benar

  • SINGAPURA-Membersihkan ponsel secara teratur dan mencuci tangan adalah cara yang lebih baik untuk memerangi penyebaran virus corona daripada mengenakan masker. Mengada-ada? Tidak juga karena pernyataan ini dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Singapura. Pernyaaan dikeluarkan setelah sebuah seruan dikeluarkan empat dokter Singapura yakni dokter Colleen Thomas, Judy Chen, Tham Hoe Meng dan Lim Pin Pin yang menyerukan […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

SINGAPURA-Membersihkan ponsel secara teratur dan mencuci tangan adalah cara yang lebih baik untuk memerangi penyebaran virus corona daripada mengenakan masker. Mengada-ada? Tidak juga karena pernyataan ini dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Singapura.

Pernyaaan dikeluarkan setelah sebuah seruan dikeluarkan empat dokter Singapura yakni dokter Colleen Thomas, Judy Chen, Tham Hoe Meng dan Lim Pin Pin yang menyerukan agar warga Singapura “selalu mengenakan masker saat meninggalkan rumah” dan menghindari bergaul di depan umum. Cara itu disebut dapat menghentikan penyebaran komunitas dari coronavirus dalam waktu dua minggu.

Namun, Direktur Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan, Kenneth Mak, mengatakan pada konferensi pers Rabu (12 /2) bahwa meskipun saran tersebut baik, tidak ada bukti bahwa virus tersebut melayang di udara, membuat masker sebenarnya menjadi metode perlindungan yang tidak efektif.

Dia menambahkan bahwa tugas yang lebih penting adalah orang-orang membersihkan ponsel mereka. “Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi mengenakan masker bukanlah hal yang paling penting, ” katanya sebagaimana dilaporkan The Straits Times.

Menurutnya hanya mereka yang tidak sehat yang perlu mengenakan masker, sedangkan mereka yang sehat tidak perlu melakukannya. Karena virus disebarkan oleh cairan, menjaga tangan tetap bersih, dan menjauh dari wajah, adalah cara yang lebih penting untuk menghindari virus.

Ponsel pintar adalah salah satu barang paling kotor yang dimiliki seseorang, karena sangat sering dipegang  dan fakta bahwa banyak orang membawa ponsel mereka ke toilet, salah satu tempat palijg kotor.

Lebih buruk lagi, ponsel ini sering menyentuh mata, hidung, dan bibir kita – poin kunci di mana virus corona menginfeksi tubuh manusia.

Berbagai penelitian ilmiah telah menemukan bahwa smartphone mengandung lebih banyak kuman daripada kursi toilet – yang berarti cara cepat dan langsung untuk membatasi kontaminasi adalah dengan menghindari membawa ponsel Anda ke toilet.

Cara benar membersihkan ponsel

Sebagaimana dilaporkan Business Insider Kamis (13/2), sebuah studi tahun 2018 oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology menyebutkan, membersihkan ponsel dengan perangkat pembersih UV smartphone adalah metode paling efektif untuk membunuh kuman.

Penelitian itu juga mengatakan menggunakan larutan alkohol juga efektif dan menambahkan bahwa celah antara ponsel dan kasing ponsel mengandung lebih banyak bakteri daripada layar.

Ahli mikrobiologi Charles Gerba mengatakan kepada Health bahwa larutan alkohol ini dapat dibuat di rumah dengan menggabungkan air (60 persen) dan alkohol gosok (40 persen), dan menyeka telepon menggunakan kain mikrofiber, kapas atau kapas yang sedikit dibasahi dengan cairan tersebut.

Baik Gerba dan CNet mengatakan untuk menghindari penyemprotan larutan alkohol pada telepon secara langsung atau menggunakan tisu antibakteri pada layar, karena ini dapat menghilangkan lapisan tahan air dan minyak. Namun, tisu antibakteri dapat digunakan untuk membersihkan kasing telepon.

Menurut CNet, barang-barang lain yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan telepon meliputi: pembersih jendela, pembersih dapur, penghapus rias, sabun cuci piring, sabun tangan, dan cuka.

Ketika tidak ada opsi sanitasi lain yang tersedia, studi 2018 menemukan hanya secara fisik menyeka ponsel menggunakan kain mikrofiber juga memberikan beberapa dekontaminasi.