Bursa lowongan kerja online yang digelar Pemerintah Kota Tangerang bekerja sama dengan sejumlah perusahaan dan pabrik di Kota Tangerang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bekerja di perusahan dan pabrik tersebut.Selasa 31 Januari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Menaker Tunjukkan Tantangan Terbesar Untuk Menekan Angka Pengangguran di Indonesia

  • Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkap sejumlah tantangan dalam menurunkan angka pengangguran di Indonesia saat ini
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkap sejumlah tantangan dalam menurunkan angka pengangguran di Indonesia saat ini. Tantangan pertama adalah kondisi pengangguran yang mengalami 'hopeless of job' atau keputusasaan pengangguran dengan merasa memperoleh pekerjaan adalah hal yang mustahil.

Berdasarkan data yang diterima dari total 8,4 juta orang pengangguran, sebanyak 2,8 juta atau 33,45% mengalami hopeless of job. Lalu, dari 2,8 juta orang pengangguran yang putus asa tersebut, sekitar 76,90% adalah masyarakat berpendidikan rendah, yakni lulusan sekolah menengah pertama (SMP) ke bawah. 

Tantangan kedua adalah karena tekanan untuk meningkatkan penciptaan lapangan kerja, khususnya di sektor formal. Ketiga, yakni adanya nilai budaya kerja baru. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia