Nasional

Menang Tender, Anak Usaha LEN Industri Garap Persinyalan Kereta Api di Filipina

  • PT Len Railway Systems (LRS) akan segera merealisasikan ekspor produk persinyalan kereta api atau SiLSafe 4000 ke Filipina.
Nasional
Muhammad Heriyanto

Muhammad Heriyanto

Author

JAKARTA - PT Len Railway Systems (LRS) akan segera merealisasikan ekspor produk persinyalan kereta api atau SiLSafe 4000 ke Filipina. Ekspor ini dilakukan setelah anak perusahaan PT Len Industri (Persero) tersebut memenangkan tender dan menandatangani kontrak dengan Philippine National Railways (PNR) di Filipina pada Kamis, 19 Mei 2022. 

Direktur Utama LRS Agung Darmawan mengatakan perusahaan akan menggarap proyek sistem persinyalan Kereta Api (KA) di Jalur Tutuban – Alabang yang melalui 12 stasiun dan 10 pocket track dalam kurun waktu 16 bulan sejak penandatanganan kontrak kerja. Dengan itu, LRS akan segera mengirim produk persinyalan berupa SiLSafe 4000 dan Level Crossing atau pengaman pintu perlintasan buatan PT Len Industri (Persero) ke Filipina.

“LRS bisa masuk ke pasar Filipina karena faktor teknis produk, harga dan kelengkapan dokumentasi yang LRS tawarkan kepada PNR,” ujar Agung Darmawan dalam keterangan resminya, dikutip Senin, 23 Mei 2022.

Proyek itu diselenggarakan oleh PNR selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola transportasi KA di Filipina. LRS sebelumnya telah diumumkan sebagai pemenang tender pada April lalu. Sementara itu, penandatanganan kontrak dilakukan oleh Direktur Utama LRS Agung Darmawan dan General Manager Philippine National Railways (PNR) Junn B. Magno serta disaksikan Duta Besar RI untuk Filipina H.E. Agus Widjijo.

“Keberhasilan LRS mengalahkan persaingan dengan perusahaan global lainnya berkat strategi penetrasi pasar luar negeri dilakukan Len dan LRS sejak 2018,” ujar Agung Darmawan.

SiLSafe 4000 adalah produk dengan standar keamanan internasional tinggi, yakni Safety Integrity Level (SIL) 4 di sisi hardware, komunikasi, hingga perangkat pengembangan. SiLSafe 4000 sudah beroperasi di jalur commuter line jalur Jagomanja (Jatinegara-Bogor dan Manggarai-Jakarta Kota), jalur Stasiun Cikarang ke Stasiun Cikampek dan jalur Kiaracondong ke Cicalengka Tahap I Segmen Gedebage-Haurpugur.