<p>Pelanggan melintas di dekat logo Telkomsel di gerai GraPARI Telkomsel yang berada di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin, 19 April 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Menangkan Pemakaian Pita Frekuensi Radio 2,1 Ghz, Telkomsel Upayakan Kualitas Prima Sinyal 4G Pada Wilayah 3T

  • Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) yaitu PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memenangkan seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,1 Ghz untuk penyelenggaraan jaringan bergerak seluler tahun 2022.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) yaitu PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memenangkan seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,1 Ghz untuk penyelenggaraan jaringan bergerak seluler tahun 2022.

PGS VP Investor Relation TLKM Raden Achmad Faisal mengatakan, penambahan spektrum tersebut akan meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan bergerak seluler.

"Serta mendorong akselerasi penggelaran infrastruktur 4G/LTE yang memiliki kualitas prima dengan cakupan terluas hingga wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar)," kata Ivan sapaan akrab dari Raden Achmad dalam keterbukaan informasi, Selasa, 8 November 2022.

Ivan mengatakan, selain mendorong akselerasi penggelaran infrastruktur 4G dengan kualitas prima, adapun untuk pemakaian pita ini kedepannya bisa memperluas cakupan 5G secara bertahap dan terukur sesuai kebutuhan pelanggan.

Selain itu, tambahan spektrum ini akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan bergerak seluler guna menghadirkan pengalaman gaya hidup digital terdepan.

"Sekaligus mengakselerasi transformasi digital di sektor industri melalui pemerataan akses broadband yang andal, cepat, merata dan setara hingga pelosok negeri," lanjut Ivan.

Sementara itu, saat ini Telkomsel sedang sibuk berbenah dalam rangka menghadapi gelaran Presidensi G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, ada dua hal yang sekarang ini sedang difokuskan pada perhelatan tersebut. Pertama adalah dari sisi broadband dan yang kedua adalah sisi produk dan layanan.

"Dari sisi jaraingan untuk gelaran G20, Telkomsel menggelar kurang lebih 32.000 BTS 4G dan 190 BTS 5G," kata Nugroho beberapa waktu lalu.

Namun khusus untuk Bali, Telkomsel akan menggelar kurang lebih 7.800 BTS, termasuk di dalamnya ada 39 BTS 5G.