Pandangan umum Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag, Belanda (Reuters/Yves Herman)
Dunia

Menanti Sidang Mahkamah Internasional Soal Kasus Genosida di Gaza

  • Mahkamah Internasional (ICJ) akan mengadakan sidang pekan ini atas kasus yang diajukan oleh Afrika Selatan. Mereka menuduh Israel melakukan genosida dalam perang Gaza dan meminta penangguhan darurat kampanye militernya.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Mahkamah Internasional (ICJ) akan mengadakan sidang pekan ini atas kasus yang diajukan oleh Afrika Selatan. Mereka menuduh Israel melakukan genosida dalam perang Gaza dan meminta penangguhan darurat kampanye militernya.

Apa Itu ICJ?

ICJ, juga disebut Pengadilan Dunia, adalah badan hukum PBB tertinggi, yang didirikan pada tahun 1945 untuk menangani perselisihan antar negara. Pengadilan Kriminal Internasional berbasis perjanjian, juga di Den Haag, turut menangani kasus kejahatan perang terhadap individu.

Panel 15 hakim ICJ, yang akan diperluas oleh hakim tambahan dari masing-masing pihak dalam kasus Israel—menangani sengketa perbatasan dan semakin banyak kasus yang diajukan oleh negara-negara yang menuduh negara lain melanggar kewajiban perjanjian PBB.

Dilansir dari Reuters, Senin, 8 Januari 2024, baik Afrika Selatan dan Israel adalah penandatangan Konvensi Genosida 1948 yang memberikan ICJ yurisdiksi untuk memutuskan perselisihan atas perjanjian tersebut. Semua negara yang menandatangani Konvensi Genosida diwajibkan tidak hanya untuk tidak melakukan genosida, tetapi juga untuk mencegah dan menghukumnya.

Perjanjian tersebut mendefinisikan genosida sebagai tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan, secara keseluruhan atau sebagian, kelompok nasional, etnis, ras atau agama.

Apa yang Diklaim Afrika Selatan?

Dalam pengarsipan setebal 84 halaman, Afrika Selatan mengatakan bahwa dengan membunuh warga Palestina di Gaza, menyebabkan mereka mengalami cedera mental dan fisik yang serius dan dengan menciptakan kondisi kehidupan yang diperhitungkan untuk menyebabkan kehancuran fisik mereka, Israel melakukan genosida terhadap mereka.

“Semua tindakan tersebut disebabkan oleh Israel, yang telah gagal mencegah genosida dan melakukan genosida yang secara nyata melanggar Konvensi Genosida,” ujar pengajuan tersebut, seraya menambahkan, Israel juga gagal mengekang hasutan untuk melakukan genosida oleh pejabatnya sendiri yang melanggar konvensi.

Tanggapan Israel

Israel menyatakan klaim tersebut tidak berdasar dan juru bicara pemerintah menuduh Afrika Selatan melakukan pembunuhan darah tanpa dasar atau tuduhan tak berdasar terhadap ketidakjujuran orang Yahudi yang dimaksudkan untuk membangkitkan kebencian mematikan terhadap orang Yahudi.

Israel mengatakan akan hadir di pengadilan untuk mengajukan kasusnya minggu depan.

Apa yang Terjadi Saat Sidang?

Sidang akan berlangsung pada 11 dan 12 Januari 2024. Permintaan tindakan darurat merupakan langkah awal dalam kasus yang akan memakan waktu beberapa tahun untuk diselesaikan. 

Tindakan sementara dimaksudkan sebagai semacam perintah penahanan untuk mencegah perselisihan menjadi lebih buruk sementara pengadilan mempertimbangkan kasus secara lengkap.

Hakim di ICJ sering memberikan tindakan seperti itu, yang umumnya terdiri dari meminta negara untuk menahan diri dari tindakan apa pun yang dapat memperburuk sengketa hukum.

Untuk tindakan sementara, pengadilan hanya perlu memutuskan apakah pada pandangan pertama, atau prima facie, pengadilan akan memiliki yurisdiksi dan tindakan yang dikeluhkan dapat termasuk dalam lingkup perjanjian genosida. Tindakan apa pun yang diputusnya belum tentu seperti yang diminta oleh pengadu.

Afrika Selatan telah meminta pengadilan untuk memerintahkan Israel menangguhkan tindakan militernya di Gaza, menghentikan tindakan genosida atau mengambil tindakan yang wajar untuk mencegah genosida dan mengeluarkan laporan rutin kepada ICJ tentang tindakan tersebut.

Putusan ICJ bersifat final dan tanpa banding, tetapi tidak ada cara untuk menegakkannya. Keputusan terhadap Israel dapat merusak reputasi internasionalnya dan menjadi preseden hukum.

Berapa Lama Waktu Hingga Putusan Akhir Dikeluarkan?

Jika pengadilan menemukan bahwa ia memiliki yurisdiksi prima facie, kasus tersebut akan berlanjut di Istana Perdamaian di Den Haag—bahkan jika para hakim memutuskan menentang tindakan darurat.

Israel kemudian akan mendapatkan kesempatan lain untuk berpendapat bahwa pengadilan tidak memiliki dasar hukum untuk menilai klaim Afrika Selatan dan untuk mengajukan keberatan awal—yang hanya dapat mencakup masalah yurisdiksi.

Jika pengadilan menolak keberatan tersebut, para hakim akhirnya dapat mempertimbangkan kasus tersebut dalam sidang publik lebih lanjut. Tidak jarang beberapa tahun berlalu antara klaim awal dan persidangan sebenarnya mengenai substansi kasus tersebut.