<p>Jaringan Pipa Gas PGN / Dok. PT PGN  Tbk</p>
Korporasi

Menantu Ketum PDIP Megawati Restui Kerja Sama Proyek Blok Rokan Pertagas-Rukun Raharja

  • PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) milik pengusaha Happy Hapsoro telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 27 April 2021. Dalam rapat itu, para pemegang saham menyetujui rencana kerja sama operasi dengan PT Pertamina Gas (Pertagas) dalam proyek pipa Blok Rokan.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten infrastruktur energi PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) milik pengusaha Happy Hapsoro telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 27 April 2021. Dalam rapat itu, para pemegang saham menyetujui rencana kerja sama operasi dengan PT Pertamina Gas (Pertagas) dalam proyek pipa Blok Rokan.

Nilai proyek pembangunan dan pengoperasian pipa minyak bumi koridor Balam – Bangka – Dumai dari Koridor Minas – Duri – Dumai ini ditaksir mencapai US$300,63 juta atau setara Rp4,35 triliun (asumsi kurs Rp14.476 per dolar Amerika Serikat).

Pertagas dan RAJA memiliki partisipasi kontribusi pendanaan masing-masing sebanyak 75% dan 25% dari nilai pendanaan. Sehingga, kontribusi pendanaan dari perseroan adalah sebesar US$75,16 juta atau sekitar Rp1,08 triliun.

Direktur Rukun Raharja Oka Lesmana Firdauzi mengatakan, kerja sama ini sejalan dengan visi perseroan untuk terus memberikan dukungan penuh kepada pemerintah terhadap stabilitas produksi minyak nasional. Saat ini Blok Rokan menyumbang sekitar 24% terhadap produksi minyak nasional.

“Dengan dilakukannya transaksi, perseroan dapat mengembangkan usaha dan ekspansi usaha di bidang pengangkutan minyak dan gas bumi melalui pipa, sehingga dapat memberikan manfaat terbaik khususnya kepada seluruh pemegang saham,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Rabu 28 April 2021.

Sebelumnya, RAJA sukses meraih pinjaman senilai US$108,73 juta atau setara Rp1,57 triliun (asumsi kurs Rp14.494 per dolar AS) dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Perjanjian tersebut diteken pada 26 Maret 2021 dan jatuh tempo pada 23 Desember 2030.

Perseroan memaparkan, tujuan penggunaan dana pinjaman tersebut antara lain untuk melunasi pinjaman perseroan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) senilai US$40 juta. Selanjutnya, melunasi pinjaman dari PT Bank HSBC Indonesia dengan nilai yang tidak disebutkan.

Asal tahu saja, Happy Hapsoro merupakan suami dari Ketua DPR RI, Puan Maharani. Menantu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini adalah pemegang saham mayoritas RAJA dengan porsi 32,59% kepemilikan saham.

Sedangkan, 31,54% kepemilikan saham RAJA digenggam oleh PT Sentosa Bersama Mitra dan disusul oleh Johan Lensa sebesar 10,42% kepemilikan saham. Sisanya, sebanyak 25,45% saham RAJA tersebar di publik. (SKO)