Mendag Zulhas  di Jaksel
Nasional

Mendag Zulhas Klaim Harga Telur Ayam Sudah Mulai Turun

  • Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas mengklaim harga telur ayam sudah menurun di sejumlah daerah.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas mengklaim harga telur ayam sudah menurun di sejumlah daerah.

Zulhas mengatakan harga telur di Samarinda sudah mulai turun di angka Rp31.000 per kg, bahkan Mendag menyebut harga telur di Jawa Timur sudah menmbus Rp29.000 per kg. Oleh karena itu ia makin pede bahwa harga telur minggu depan sudah lebih turun.

“Memang telur masih tinggi tapi sudah turun, kemarin saya ke Samarinda itu harganya dari Rp32.000 per kg sekarang sudah Rp 31.000 per kg,” katanya kepada awak media di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Jumat, 2 September 2022.

Mendag mengatakan bahwa saat ini sektor industri sudah berjalan kembali normal, hal ini dilihat dari pantauan harga komoditas pangan yang sudah berangsur mengalami tren penurunan.

Sektor industri kembali normal dilihat dari banyaknya warteg, restoran, rumah makan malam, hotel sudah menjalankan aktivitas perdagangan dengan normal. Menurut Kemendag saat ini harga cabai di beberapa daerah sudah dibanderol Rp 40.000-60.000 per kg dari awalnya Rp120.000 per kg.

Padang, Lampung menurut Mendag masih tinggi diangka Rp 90.000-60.000 per kg, namun di Jawa rata-rata Rp45.000-50.000 per kg. Untuk harga minyak goreng curah sudah sesuai HET Rp14.000 per liter.

Maka ia meminta seluruh stakeholder terkait turut menjaga ketersediaan pangan dan keterjangkauan pangan di masyarakat.

Sebelumnya Badan Pangan Nasional (Bapanas) mulai mensuplai ratusan ton telur ayam melalui lima pasar di wilayah DKI Jakarta, demi menstabilkan harga yang sedang melonjak.

Bapanas mendistribusian sebanyak 25 ton per hari telur ayam murah yang dibanderol dengan harga Rp27.000 per kg ke konsumen dan Rp25.000 per kg kepada pedagang.

Adapun kelima pasar di DKI Jakarta yang dimaksud Arief ialah, Pasar Minggu, Pasar Cijantung, Pasar Inpres Bata Putih Kebayoran Lama, Pasar Kebayoran Lama, dan Pasar Sayur Cipulir.