Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat blusukan ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis, 16 Juni 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Mendag Zulkifli Hasan Pede Harga Minyak Stabil Rp14.000 per Liter Dalam 2 Minggu

  • Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas menyatakan optimis dapat menyelesaikan masalah ketersediaan minyak goreng curah dalam dua minggu.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas menyatakan optimis dapat menyelesaikan masalah ketersediaan minyak goreng curah dalam dua minggu.

Zulhas mengatakan target ini lebih cepat dari yang dijanjikan sebelumnya yaitu dapat menyediakan stok minyak goreng murah dalam satu bulan.

"Saya meyakini 2 minggu ini akan stabil (harga minyak goreng curah) walaupun target satu bulan. Dua minggu ini tidak ada lagi yang ribut minyak Rp14.000 karena sudah ada bahkan sudah lebih stoknya," kata Zulhas saat melakukan sidak di Pasar Klender, Jakarta Timur pada Rabu 22 Juni 2022.

Demi memenuhi kebututahan minyak goreng tersebut Mendag dan jajarannya menambahkan titik lokasi penjualan minyak goreng curah sesuai HET yang ditetapkan pemerintah.

Meskipun menurutnya tidak mudah, namun saat stok minyak goreng tersedia harga akan stabil mengikuti kedepannya. Mendag menyebutkan telah menyebar 13.968 titik lokasi penjualan yang di Indonesia.

Zulhas juga memperbolehkan masyarakat untuk membeli minyak dengan volume maksimal pembelian seharinya 10 liter per orang dalam sehari. Setelah sebelumnya masyarakat hanya boleh membeli minyak goreng curah maksimal 2 liter per orang per hari.

Selain itu Kementerian Perdagangan juga telah membuka Crisis Center yang dapat menjadi sarana aduan masyarakat dalam mengatasi keterlambatan barang kalau ada hingga perubahan harga.