Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat blusukan ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis, 16 Juni 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Mendag Zulkifli Hasan: Pembelian CPO oleh China Bisa Dongkrak Harga TBS

  • Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) turut berkomentar terkait penambah pembelian minyak mentah kelapa sawit (crude palm oil) Indonesia sebanyak 1 juta ton oleh China.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) turut berkomentar terkait penambah pembelian minyak mentah kelapa sawit (crude palm oil) Indonesia sebanyak 1 juta ton oleh China.

Dalam hal ini Zulhas memastikan stok bahan baku serta kebutuhan minyak goreng dalam negeri tidak akan terganggu. Zulhas mengatakan stok dalam negeri yang melimpah dan HET sebesar Rp14.000 per liter yang ditetapkan pemerintah akan stabil.

"Saya menjamin bahwa harga minyak goreng tidak akan naik dan akan tetap stabil. Saat ini stok bahan baku minyak goreng sangat melimpah. Tangki-tangki CPO di dalam negeri masih penuh," kata Mendag dalam keterangan resminya pada Kamis 28 Juli 2022.

Menurut Mendag adanya tambahan pembelian CPO dari China turut mendorong produktivitas petani sawit dalam negeri dan eksportir. Pada akhirnya, nasib para petani semakin sejahtera dan terselamatkan.

Ia berharap dengan adanya komitmen ini harga TBS juga ikut merangkak naik hingga di atas Rp3.000 per kg. Ditegaskan Zulhas skema pasokan minyak goreng dalam negeri (DMO) dan harga jualnya (DPO) masih tetap dipertahankan untuk menjamin suplai bahan baku minyak goreng ini tetap stabil.

"Skema DMO dan DPO akan kami longgarkan setelah semua produsen minyak goreng dan industri CPO berkomitmen menjamin bahwa baku minyak goreng tetap ada secara kontinu," tegasnya.

Sebelumnya, China berkomitmen menambah impor minyak mentah kelapa sawit (Crude Palm Oil) dari Indonesia sebesar 1 juta ton. Hal ini diungkapkan Perdana Menteri RRT Li Keqiang di Beijing beberapa waktu lalu saat pertemuan bilateral bersama Presiden Joko Widodo.