Mendengar Suara Terlalu Keras Picu Gangguan Pendengaran, Ini Cara Mengatasinya dengan Teknologi
Tekno

Mendengar Suara Terlalu Keras Picu Gangguan Pendengaran, Ini Cara Mengatasinya dengan Teknologi

  • Waspada, mendengar suara terlalu keras bisa picu gangguan pendengaran! Ini cara mencegah gangguan pendengaran dengan memanfaatkan teknologi.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Setiap tanggal 3 Maret diperingati World Hearing Day atau Hari Pendengaran Sedunia, sebuah kampanye yang diadakan setiap tahun oleh WHO. Kampanye ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran agar masyarakat ikut mencegah ketulian dan gangguan pendengaran.

Salah satu pemicu gangguan pendengaran adalah polusi suara seperti suara lalu lintas, mesin, angkutan umum dan sebagainya yang lebih tinggi dari batas yang direkomendasikan oleh WHO.

Meski begitu, Anda tetap bisa melakukan upaya pencegahan gangguan pendengaran tersebut dengan bantuan teknologi.

Cara Cegah Gangguan Pendengaran dengan Noise App

Salah satu tools atau aplikasi yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gangguan pendengaran akibat kebisingan adalah dengan Noise App yang ada di Apple Watch. Aplikasi ini akan membantu memantau dan melindungi kesehatan pendengaran penggunanya.

Noise App di Apple Watch menggunakan mikrofon untuk mengukur tingkat desibel di lingkungan Anda. Kemudian, notifikasi dari Noise App akan memperingatkan Anda jika tingkat suara di lingkungan telah mencapai tingkat yang dapat mempengaruhi pendengaran.

Untuk mengaktifkan notifikasi dari Noise App, Anda perlu melakukan cara sebagai berikut.

  1. Buka ponsel iPhone Anda, kemudian buka aplikasi Watch.
  2. Ketuk My Watch dan klik Noise.
  3. Ketuk Noise Threshold lalu pilih tingkat desibel.

Itu tadi cara mencegah gangguan pendengaran dengan memanfaatkan teknologi. Meski begitu, notifikasi ini hanya tersedia pada watchOS 6 di Apple Watch Series 4 atau versi lebih terbaru.