Ilustrasi di baduy dalam (indonesiakaya)
Destinasi & Kuliner

Menelusuri Kehidupan Baduy Dalam, Ada 6 Aturan yang Harus Diikuti

  • Mencari pengalaman budaya yang unik yang terjalin dengan keindahan alam? Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa datang ke Baduy. Baduy terletak di desa cantik Kanekes, Leuwidamar, di wilayah Lebak, Banten yang mempesona.
Destinasi & Kuliner
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Mencari pengalaman budaya yang unik yang terjalin dengan keindahan alam? Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa datang ke Baduy. Baduy terletak di desa cantik Kanekes, Leuwidamar, di wilayah Lebak, Banten yang mempesona.

Di sini, orang Baduy memberi Anda kesempatan untuk menelusuri kedalaman warisan budaya mereka yang abadi, jauh dari keramaian kehidupan modern.

Hidup dengan kesederhanaan yang mendalam, kemandirian, dan cara hidup yang tidak banyak berubah selama berabad-abad, Baduy, terutama subkelompok Baduy Dalam, tinggal di tengah perbukitan jauh di dalam hutan lebat, menjadikan perjalanan Anda perjalanan yang penuh petualangan melalui hutan belantara.

Namun, itu belum semuanya, masyarakat Baduy Dalam sangat menghargai adat istiadat dan kearifan lokal mereka. Sangat penting bagi Anda untuk mematuhi aturan mereka saat berkunjung. Mari kita telusuri enam pedoman penting yang harus Anda ingat sebelum merambah ke jantung Baduy Dalam.

1. Tidak Ada Perangkat Elektronik yang Diizinkan

Masyarakat Baduy Dalam tidak menggunakan perangkat elektronik apa pun, termasuk smartphone. Sebagai tamu di desanya, Anda harus mematikan semua perangkat elektronik dan telepon di komunitasnya. Biasanya, penduduk setempat akan mengingatkan Anda dengan ramah di pintu masuk desa. Jadi, pastikan ponsel Anda dimatikan, karena sinyal telepon hampir tidak ada di sini.

2. Tidak Diizinkan Mengambil Foto

Masyarakat Baduy Dalam tidak mengizinkan pengunjung untuk mengambil gambar desanya dengan menggunakan kamera dalam bentuk apapun. Jadi, Anda harus mengesampingkan niat untuk memotret di dalam desa mereka.

3. Tidak ada Sabun, Sampo, atau Pasta Gigi

Tamu di Baduy Dalam juga dilarang menggunakan sabun, sampo, atau pasta gigi saat berada di sekitar mereka. Penduduk setempat menahan diri untuk tidak menggunakan produk ini dalam kehidupan sehari-hari, karena mereka ingin menjaga kemurnian lingkungan mereka, khususnya sungai, dengan menghindari limbah kimia. Mencuci piring dan peralatan makan lainnya dilakukan secara alami di sungai.

4. Jaga Ketenangan Selama Menginap di Kawasan Baduy Dalam

Mereka yang menginap bersama keluarga Baduy Dalam diharapkan dapat menjaga ketenangan dan ketenangan, terutama pada malam hari, karena desanya tenang, dengan penerangan yang minim, karena tidak adanya aliran listrik. Di sini, Anda benar-benar dapat menemukan ketenangan yang Anda cari.

5. Menjaga Kebersihan 

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan lingkungan Baduy Dalam. Jangan membuang sampah sembarangan, melainkan kumpulkan sampah Anda dan bawa pergi saat masa tinggal Anda berakhir.

6. Tunjukkan Rasa Hormat dan Kebijaksanaan

Saat Anda bepergian, selalu penting untuk bersikap sopan dan santun, dan hal yang sama berlaku saat Anda menjelajahi komunitas Baduy Dalam. Penduduk setempat ramah dan sering ingin tahu tentang kehidupan di luar desa mereka. Jawab pertanyaan mereka dengan hormat dan rendah hati, karena mereka mungkin tidak mengikuti perkembangan dunia luar.

Nah, di Baduy Dalam, Anda dapat merasakan detoksifikasi digital sejati di tengah ketenangan alam, jauh dari kebisingan dan gangguan kota!