Air terjun Ozark Pegunungan Arkansas
Dunia

Menelusuri Keindahan Alam Arkansas: Geografi dan Lanskap Negara Bagian

  • Arkansas dijuluki sebagai Negara Alam karena keindahan danau, sungai, pegunungan, dan kehidupan liar yang ada di sana.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA – Nama Arkansas berasal dari suku Quapaw yang oleh orang Prancis disebut “Arkansaw.” Arkansas dijuluki sebagai Negara Alam karena keindahan danau, sungai, pegunungan, dan kehidupan liar yang ada di sana.

Orang pertama yang tinggal di wilayah yang sekarang disebut Arkansas tiba sekitar tahun 11.650 SM. Ribuan tahun kemudian, sekitar tahun 650 M, sekelompok suku asli Amerika yang disebut Plum Bayou membangun tumpukan tanah misterius yang masih bisa dilihat hingga saat ini di Taman Arkeologi Toltec Mounds. 

Suku asli Amerika lainnya yang tinggal di wilayah tersebut meliputi Caddo, Chickasaw, Osage, Quapaw, dan Tunica. Eksplorator Spanyol pertama yang mencapai wilayah tersebut adalah Hernando de Soto pada 1541. Pada1682, wilayah ini dikuasai Prancis sebagai bagian dari Wilayah Louisiana, yang mencakup sebagian besar tengah Amerika Serikat.

Wilayah tersebut dibeli oleh Amerika Serikat pada tahun 1803. Hampir tiga puluh tahun kemudian, Kongres mengesahkan Undang-Undang Pemindahan Indian, yang memaksa suku asli Amerika meninggalkan wilayah tersebut dan pindah ke tanah di sebelah barat Sungai Mississippi

Ribuan suku asli Amerika meninggal dalam perjalanan ini, yang dikenal dengan sebutan Trail of Tears. Beberapa tahun kemudian, Arkansas menjadi negara bagian Amerika Serikat yang ke-25.

Pada tahun 1861, awal Perang Saudara, Arkansas adalah negara bagian Konfederasi. Hal itu berarti bahwa negara bagian tersebut ingin memisahkan diri dari Amerika Serikat dan membentuk negara lain bersama negara bagian tetangga. 

Namun, loyalitas penduduk Arkansas terbagi. Banyak dari mereka berjuang mendukung Persatuan. (Konfederasi akan kalah dalam perang tersebut, menjaga keutuhan Persatuan.)

Sejarah tercipta pada tahun 1957 ketika sembilan siswa Amerika-Afrika dikawal oleh pasukan Angkatan Darat ke Sekolah Menengah Little Rock Central, yang sebelumnya hanya memperbolehkan siswa kulit putih untuk masuk. Ini merupakan tonggak penting dalam gerakan hak sipil negara ini.

Geografi dan Bentang Alam

Arkansas berbatasan dengan Missouri di sebelah utara, Tennessee dan Mississippi di sebelah timur, Louisiana di sebelah selatan, dan Texas serta Oklahoma di sebelah barat. Batas timur negara bagian ini hampir sepenuhnya dibentuk oleh Sungai Mississippi. Negara bagian ini dapat dibagi menjadi lima wilayah.

Wilayah Pegunungan Ozark menjulang di barat laut, dan merupakan wilayah berhutan dengan dataran tinggi dan lembah yang dalam. Area ini mencakup Taman Negara Bagian Mammoth Spring. Sembilan juta galon air mengalir melalui taman setiap jam.

Lembah Sungai Arkansas terletak di selatan Pegunungan Ozark, dan termasuk sungai terbesar di negara bagian ini, yaitu Sungai Arkansas. Titik tertinggi negara bagian, Gunung Magazine, berada di wilayah ini.

Pegunungan Ouachita terdapat di barat dan tengah Arkansas, dan dikenal dengan punggungan dan lembah yang sejajar. Taman nasional terkecil di Amerika Serikat, Hot Springs, juga berada di wilayah ini. Mata air alami di sini dapat mencapai suhu 143 derajat fahrenheit.

Dataran Pesisir Teluk Barat terletak di bagian selatan dan barat daya. Ini adalah dataran rendah dengan hutan pinus dan lahan pertanian. Dataran Aluvial Mississippi membentang dari utara ke selatan, mengikuti Sungai Mississippi. Sebagian besar dataran rendah yang subur ini disebut juga Delta.

Fauna dan Flora Liar

Hewan mamalia Arkansas mencakup rusa, musang, dan singa tutul timur. Burung-burung di negara bagian ini termasuk elang ekor merah, pelatuk bertanduk gading, dan burung kenari indigo. Amfibi seperti katak kriket dan salamander dusky Ouachita dapat ditemukan di Arkansas. Ular berderik kerdil barat dan kadal berkerah timur adalah beberapa reptil yang berkeliaran di negara bagian ini.

Elang Ekor Merah (nationalgeographic/JOEL SARTORE)

Pohon umum meliputi pohon hickory, plum, hawthorn, dan pinus. Pohon oak daun maple hanya ditemukan di Arkansas. Bunga liar berlimpah dan mencakup tanaman beautyberry Amerika, bergamot liar, dan coneflower oranye.

Sumber Daya Alam

Berlian (nationalgeographic/ERIC NATHAN)

Minyak bumi, gas alam, dan batu bara adalah beberapa sumber daya alam utama di Arkansas. Tetapi negara juga memimpin negara dalam bauksit, bahan yang digunakan untuk pembuatan aluminium. Arkansas adalah produsen bromin terbesar di dunia, yang digunakan dalam pestisida, penyaringan air, obat-obatan, dan bahan tahan api.

Fakta Menarik

1. Arkansas merupakan satu-satunya negara bagian di AS yang aktif menambang berlian.

2. Gua Rock House di Taman Negara Petit Jean berisi lukisan batu yang terpelihara dengan baik yang dibuat oleh suku asli Amerika lebih dari 500 tahun yang lalu.

3. Tokoh terkenal dari Arkansas meliputi Presiden William Jefferson Clinton, Jenderal Douglas MacArthur, dan mantan Surgeon General AS, M. Joycelyn Elders.

4. Mengapa Arkansas diucapkan berbeda dari Kansas? Karena Kansas (diucapkan KAN-zuhs) adalah pengucapan dalam bahasa Inggris, sedangkan Arkansas (diucapkan AHR-kuhn-saw) adalah pengucapan dalam bahasa Prancis (yang lebih mendekati cara yang digunakan oleh suku asli Amerika).