phalanx.jpg
Tekno

Menembak Satu Detik, Senjata Ini Menghamburkan Rp54 Juta

  • Phalanx adalah sistem pertahanan jarak dekat  yang dipersenjatai dengan meriam M61 Vulcan enam barel.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- Lebih dari empat  Phalanx Close-In Weapon System (CIWS) menjadi fitur pertahanan  terkenal di Angkatan Laut Amerika dan kapal perang sekutu lainnya. Tetapi berapa biaya menembakkan senjata ini? Bagaimana perbandingan dengan senjata sejenis seperti C-RAM dan amunisi yang ditembakkan jet tempur?

Rincian tentang amunisi tungsten  yang ditembakkan, atau berapa harga peluru tersebut, masih kurang diketahui secara umum.  Tetapi sebuah laporan menyebutkan tembakan dua detik dari Phalanx akan menghabiskan uang hampir US$7.000. Atau sekitar Rp109 juta (kurs Rp15.500). Atau sekitar Rp54 juta setiap detiknya.

Angka itu terungkap dari permintaan dana US Navy untuk Tahun Anggaran 2025. Sebagaimana dilaporkan the War Zone 14 Maret 2024, Angkatan Laut Amerika meminta lebih dari US$17 juta untuk membeli 372.000 kartrid Mk 244 Mod 0 20mm. 

Angka ini dipecah menjadi biaya per tembakan sebesar US$45,84. Mk 244, juga dikenal sebagai Enhanced Lethality Cartridge (ELC). Dan  saat ini amunisi tersebut merupakan peluru operasional utama yang digunakan pada Phalanx di kapal perang Amerika.

Phalanx adalah sistem pertahanan jarak dekat  yang dipersenjatai dengan meriam M61 Vulcan enam barel. M61 Phalanx dapat diatur untuk menembakkan salah satu dari dua kecepatan. Yakni  4.500 atau 3.000 putaran per menit.  Mereka untuk digunakan terhadap sasaran udara seperti rudal jelajah,  pesawat terbang atau ancaman asimetris yang mencakup ancaman perang pesisir seperti perahu kecil.

Pada laju tembakan yang lebih tinggi, Phalanx mengeluarkan 150 peluru 20mm dalam tembakan dua detik. Magazin  sistem dapat menampung hingga 1.550 amunisi. Ini berarti  setara dengan 20 detik total waktu penembakan pada 4.500 putaran per menit. Pada 3.000 putaran per menit, laju tembakan dua detik adalah 100 putaran. Dan total waktu penembakan adalah 31 detik.

Terlepas dari seberapa cepat putaran tersebut dikeluarkan, memuat penuh magasin Phalanx dengan Mk 244 hanya membutuhkan biaya lebih dari US$71.000 atau sekitar Rp1,1 miliar.

Mk 244 diproduksi oleh General Dynamics Ordnance and Tactical Systems (GD-OTS). Ini  adalah peluru kinetic yang berarti peluru tersebut dirancang untuk menghancurkan target dengan cara menabraknya secara fisik. Amunisi berisi proyektil tungsten  subkaliber di dalam sabot.

Setelah menembak, sabot melepaskan diri dan proyektil tungsten terus bergerak maju. Desain sabot pelempar meningkatkan kecepatan proyektil. Ini membantunya menutup jarak ke target lebih cepat dan meningkatkan kekuatan tabrakan.

Enhanced Lethality" dalam ELC terutama mengacu pada proyektil yang 48 persen lebih berat dibandingkan proyektil Mk 149 sebelumnya untuk Phalanx CIWS, yang "menghasilkan energi kinetik lebih tinggi tepat sasaran," menurut GD-OTS . Perusahaan juga mengatakan Mk 244 lebih akurat, dengan dispersi tembakannya 40 persen lebih rendah dibandingkan kartrid Mk 149.

C-RAM US Army

Perlu diperhatikan di sini bahwa Angkatan Darat Amerika menggunakan amunisi 20 mm yang berbeda dalam Sistem Senjata Phalanx yang berbasis di darat. Ini dikenal sebagai Centurion dan sering disebut sebagai sistem C-RAM atau Counter-Rocket, Artillery, dan Mortar. 

Putaran operasional Centurion saat ini adalah kartrid multiguna M940. Ini merupakan jenis pembakar dengan daya ledak tinggi dengan ujung tungsten. M940 juga dirancang untuk menghancurkan diri sendiri setelah beberapa waktu penerbangan jika tidak mencapai target. Ini mengurangi potensi bahaya bagi pasukan  sahabat dan orang yang tidak bersalah di bawah. Hal ini juga menghasilkan pertunjukan kembang api ketika sistem ini ditembakkan dan peluru diledakkan di udara.

M940 juga diproduksi GD-OTS. Label harganya adalah US$80,70 per biji. Ini berarti tembakan dua detik dari Centurion, dengan kecepatan tembakan 4.500 peluru per menit, akan menelan biaya lebih dari US$12.100 atau sekitar Rp189 juta. Lebih mahal dibandingkan yang ditembakkan Angkatan Laut.

Jet Tempur

Peluru 20mm yang ditembakkan M61 Vulcan pada pesawat tempur Amerika umumnya lebih murah. Sebagai misal amunisi PGU-28A/B standar Angkatan Udara Amerika saat ini berharga sekitar US$34 atau sekitar Rp530.000 per bijinya. 

Ini berarti bahwa magazine penuh 940 peluru F-15C berharga sekitar US$32.000 atau sekitar Rp500 juta. Sebuah F-16 dengan 511 peluru akan berharga lebih dari US$17.000 atau sekitar Rp265 juta.