Nampak sejumlah pekerja tengah menyelesaikan proyek MRT Fase 2 di kawasan Harmoni - Glodok, Senin 13 Februari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Menengok Pembangunan MRT Fase 2, Progres Capai 50 Persen

  • Pekerjaan pembangunan CP 201 (Stasiun Thamrin dan Monas) fase 2A MRT Jakarta berjalan sesuai jadwal. Per 15 Desember 2022
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

Pekerjaan pembangunan CP 201 (Stasiun Thamrin dan Monas) fase 2A MRT Jakarta berjalan sesuai jadwal. Per 15 Desember 2022, perkembangan pembangunan telah mencapai 50,18 persen. Saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran roof slab gardu induk, pekerjaan pengecoran kolom dan instalasi ventilasi penyedot udara, pengecoran slab ventilation tower, dan persiapan pengeboran terowongan dari Stasiun Monas ke Stasiun Harmoni.

Sedangkan di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pekerjaan pembangunan D-Wall di sisi utara, penggalian dan pengecoran slab di sisi selatan stasiun, jet grouting sisi selatan dan utara stasiun, dan pembangunan terowongan oleh TBM-1 dari sisi selatan Stasiun Thamrin menuju sisi utara Stasiun Bundaran HI.  

Selain itu, mesin bor terowongan 1 (TBM-1) telah berhasil membangun terowongan northbound dari Stasiun Thamrin menuju Stasiun Bundaran HI sepanjang 220 meter dari total 562 meter. Sedangkan mesin bor terowongan 2 (TBM-2) telah menyelesaikan pembangunan dua terowongan antara Stasiun Thamrin dan Bundaran HI. TBM-2 sedang dalam persiapan pemindahan ke shaft utara Stasiun Monas untuk membangun terowongan menuju Stasiun Harmoni. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia