Dunia

Mengandung Zat Berbahaya, Unilever Tarik Dry Shampoo Dove hingga TRESemme di AS

  • Unilever Amerika Serikat (AS) dilaporkan menarik kembali 19 produk sampo kering karena diduga mengandung zat berbahaya
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

WASHINGTON - Unilever Amerika Serikat (AS) dilaporkan menarik kembali 19 produk sampo kering karena diduga mengandung zat berbahaya yang berpotensi  meningkatkan kadar benzena.

Mengutip NBCnews Selasa, 25 Oktober 2022, penarikan dipublikasikan di situs Food and Drug Administration pada hari Jumat lalu. Sesaat setelah pengumuman, Unilever mengatakan akan menarik semua yang dibuat sebelum Oktober 2022 termasuk sampo kering dari  Dove dan TreSemmé.

Menurut pernyataan, perusahaan akan segera melakukan penyelidikan internal mengidentifikasi propelan sebagai sumber benzena setelah penarikan produk dilakukan.

Sekadar info, benzena adalah bahan kimia yang dapat terjadi secara alami di lingkungan. Zat ini biasanya ditemukan dalam minyak mentah dan bensin dan juga digunakan untuk memproduksi beberapa jenis pelumas, pewarna, deterjen dan pestisida.

Di sisi lain, benzena juga dapat digunakan untuk membuat bahan kimia lain yang selanjutnya digunakan untuk membuat plastik, resin, dan serat sintetis.

Benzena sendiri  dikenal sebagai salah satu zat karsinogenik. Sebab, paparan benzena dosis tinggi, secara oral atau melalui kulit bisa dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker dan kelainan darah termasuk leukimia dan anemia.

Meski sudah melakukan penarikan produk, Unilever AS mengatakan pihaknya belum menerima laporan tentang reaksi merugikan terhadap produk yang ditarik kembali. Namun, mereka tetap waspada dengan menarik kembali produknya.